Cara Merawat Komponen Transmisi pada Mobil Matic

0
339
perawatan pada transmisi mobil matic
perawatan pada transmisi mobil matic

Kerusakan pada komponen transmisi pada mobil matic tentunya akan menyebabkan banyak masalah. Entah itu mobil tidak bisa mundur, kehilangan tenaga, atau bahkan mogok. Namun masih banyak yang abai dalam merawat komponen yang satu ini.

Padahal jika kerusakan terjadi, biayanya akan cukup mahal. Sekali service saja biayanya bisa lebih dari 2 juta Rupiah. Belum lagi jika spare part nya merupakan spare part yang cukup mahal.

Oleh sebab itu, perawatan berkala pada sistem transmisi mobil matic harus dilakukan secara rutin. Perawatan tersebut meliputi:

Pemeriksaan Rutin Kondisi Oli Transmisi

Jika oli transmisi tidak dicheck dan diawasi, anda tidak akan tahu bahwa kondisi oli sudah tidak lagi layak. Pengecheckan ini meliputi:

  • Check volume oli
  • Check kualitas dan kondisi oli
  • Memeriksa adanya rembesan oli ataupun kebocoran

Untuk pemerisaan rembesan dan kebocoran, sebaiknya dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari gasket hingga penampungan oli.

merawat mobil matic dengan penggantian oli transmisi secara teratur
merawat mobil matic dengan penggantian oli transmisi secara teratur

Untuk pemeriksaan ini sendiri, sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Sebelum anda menggunakan mobil. Hal ini untuk mencegah anda menggunakan mobil saat kondisi oli transmisi anda sedang bermasalah.

Jangan sampai anda mengalami masalah dengan transmisi kendaraan anda ketika berada di tengah jalan. Pastikan anda mengganti oli transmisi dengan pedoman:

  • Volume oli transmisi sesuai dengan volume yang direkomendasikan
  • Oli transmisi yang cocok dengan jenis mobil dan transmisi mobil

Selalu Peka Terhadap Adanya Suara-Suara yang Tidak Biasa

Adanya suara yang tidak biasa namun tiba-tiba muncul merupakan pertanda adanya masalah pada mobil anda.

Suara ini bisa jadi berasal dari sistem transmisi, namun bisa juga dari komponen lain mobil anda. Oleh sebab itu, membawa mobil untuk pengecheckan lebih lanjut merupakan sesuatu yang wajib untuk segera dilakukan.

Rasakan Ada Tidaknya Keanehan pada Sistem Transmisi saat Mengemudi

Ketika mengemudi. Pastikan segera memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh ketika merasa ada yang tidak biasa saat mengemudi.

Tidak biasa di sini meliputi hal-hal seperti:

  • Tarikan mobil terasa lebih berat
  • Ada suara-suara tidak biasa ketika anda merubah transmisi
  • Torsi mobil terasa lebih sulit dikendalikan
  • Mobil yang terasa lebih menghentak

Jika menemukan masalah-masalah di atas, sekecil apapun masalahnya, segera lakukan pengecheckan dan service. Jangan menunda service karena kerusakan mobil matic umumnya dapat menyebar ke komponen lain mobil anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here