Cara Meningkatkan Performa Mobil Agar Lebih Cepat dan Bertenaga

0
60
Beberapa Cara Meningkatkan Performa Mobil yang Bisa Anda Lakukan
Beberapa Cara Meningkatkan Performa Mobil yang Bisa Anda Lakukan

Dengan tahu cara meningkatkan performa mobil agar lebih bertenaga, anda bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan harapan anda. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana caranya.

Tak begitu puas dengan performa mobil, lantas ingin meningkatkannya buat mobilitas sehari-hari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari yang sederhana sampai rumit.

Artikel ini rasanya penting mengingat banyaknya pemilik mobil yang merasa performa mobilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Atau mengalami masalah di mana performa mobil turun secara drastis.

7 Cara Meningkatkan Performa Mobil Paling Efektif

Setidaknya ada 7 cara yang secara efektif memang bisa mendongkrak performa mesin mobil anda. Dan jika semua cara ini dilakukan, mobil anda bisa:

  • Lebih bertenaga
  • Memiliki akselerasi yang tinggi
  • Melaju dalam kecepatan yang lebih tinggi
  • Menghasilkan torsi yang lebih baik.

Adapun beberapa cara tersebut adalah dengan:

Ganti Bahan Bakar dengan RON yang Lebih Tinggi

Salah satu cara yang biasa dilakukan pemilik mobil untuk mendongkrak tenaga mobil adalah dengan mengganti bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) lebih tinggi. Tetapi penggantian ini tetap harus menyesuaikan dengan kompresinya. Penggunaan bahan bakar yang tepat bisa membantu peningkatan performa mobil.

Memodifikasi Saluran Pembuangan (Knalpot Mobil)

Kedua, yang cukup umum dilakukan adalah memodifikasi saluran pembuangan atau knalpot. Mulai dari mengimprovisasi bagian header-nya, atau bisa juga mengganti dengan knalpot aftermarket saja.

Tujuannya adalah untuk melancarkan gas buangnya.  Namun, mengganti knalpot juga harus melakukan perhitungan dengan baik. Tidak bisa asal. Kesalahan setting knalpot efeknya bisa membuat bahan bakar terlampau boros. Jika pas hitungannya akan lebih bagus, dan performanya bisa bertambah.

Maksimalkan Jalur Intake dan Exhaust pada Mesin Mobil

Ketiga, anda bisa menggunakan cara meningkatkan performa mobil dengan melakukan porting polish, untuk memaksimalkan jalur intake dan exhaust pada mesin mobil. Sehingga volume bahan bakar dan udara di ruang bakar menjadi lebih optimal, dan tenaga yang keluar semakin besar. Ganti knalpot mobil butuh perhatian di banyak bagian. Namun melakukan porting polish relative lebih mudah.

Melakukan Pemasangan Piggyback

Keempat, pemasangan piggyback  pada mobil, yang fungsinya buat memanipulasi ECU, demi mendapatkan porsi bahan bakar, dan timing pengapian sesuai kebutuhan mesin. Pasalnya komputer mobil dibuat massal, dan tidak bisa dibilang settingan pabrikannya itu pasti efisien.

Jadi jika mau lebih efisien bisa pasang piggyback dan disetel sesuai dengan mesin mobil itu, bisa lebih efektif, performa juga jadi lebih baik.

Sebenarnya masih ada langkah lain yang bisa dilakukan untuk mendongkrak performa, tapi lebih rumit. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan penggantian camshaft pada mesin, atau juga penyematan komponen turbo. Namun kedua metode itu, pengerjaannya cukup rumit dan memakan biaya besar. Bahkan butuh waktu lama menyelesaikannya, kecuali memang mobil mau dibuat mainan atau balap.

Gunakan Setting Piggyback PRO

Setting Piggyback PRO adalah settingan pada system ECU untuk menghasilkan performa mobil yang lebih baik. Dengan menerapkan settingan Piggyback PRO, ada beberapa hal yang akan anda dapatkan, di antaranya adalah:

  • Peningkatan tenaga mobil
  • Meningkatkan tingkat akselerasi mobil
  • Meningkatkan kecepatan mobil
  • Menjadikan torsi mobil agar lebih nyaman dikendarai
  • Dan menjadikan mobil lebih hemat BBM.

Settingan Piggyback PRO ini sangat disarankan untuk dicoba. Karena merupakan cara meningkatkan performa mobil dengan mudah, murah, dan terbukti memberikan hasil signifikan.

Lakukan TUNE UP pada Mobil

Performa mobil akan menurun seiring dengan waktu. Namun selalu ada cara untuk mengembalikan performa mobil seperti sedia kala. Dan melakukan tune up adalah jawabannya.

Lihat Juga: Cek Kondisi Busi Mobil

Tune UP dapat mengembalikan performa mobil yang sudah turun agar kembali seperti baru. Dengan demikian performa mobil yang turun akan meningkat dan mobil menjadi nyaman kembali untuk dikendarai.

REMAP ECU Mobil

Remap atau biasa dikenal dengan istilah tuning dan reflash merupakan proses pengkalibrasian ulang ECU mobil. Dengan settingan baru ini, REMAP mampu untuk:

  • Meningkatkan tenaga mobil secara sangat signifikan
  • Menghilangkan batasan kecepatan mobil
  • Menjadikan mobil lebih nyaman dikendarai
  • Dan memastikan anda mendapatkan pengalaman lebih saat berkendara.

Namun melakukan remap ECU mobil tidak boleh sembarangan. Pastikan tuner yang anda pilih merupakan tuner professional dan berpengalaman. Sembarangan memilih tuner bisa menimbulkan masalah seperti:

  • Turunnya performa mobil
  • Part mobil menerima kerja yang tidak ideal sehingga mudah rusak
  • Dan settingan remap tidak terbaca sehingga mobil mogok.

Agar Performa Mobil Tidak Menurun

Walaupun anda sudah melakukan berbagai cara meningkatkan performa mobil, namun jika tidak merawat mobil dengan baik, performanya bisa kembali drop. Oleh sebab itu, beberapa langkah harus anda lakukan.

Adapun beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari turunnya performa mobil adalah:

  1. Lakukan Perawatan Berkala pada Mobil Anda

    Seluruh komponen mobil memerlukan perawatan berkala. Mulai dari yang sederhana seperti mencuci mobil. Hal yang perlu dilakukan secara rutin dan berkala seperti mengganti oli, busi, dan komponen mobil lainnya. Hingga perawatan terbaik seperti tune up.

    Mengabaikan perawatan berkala pada mobil dapat menjaga usia mobil bertahan lebih lama. Juga memastikan kondisi mobil tetap prima ketika hendak anda gunakan.

  2. Menjaga Kelistrikan Mobil Tetap Stabil

    Kelistrikan pada mobil dapat sewaktu-waktu bermasalah. Terutama jika anda senang bereksperiment ini itu pada mobil anda.

    Oleh sebab itu, kelistrikan mobil harus senantiasa dijaga. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kelistrikan mobil adalah dengan memasang Volt Stabilizer.

    Ada volt stabilizer terbaik yang bisa anda pilih. Volt stabilizer pertama adalah R-Project. Dan Volt Stabilizer kedua adalah JS-One. Keduanya memiliki fungsi meningkatkan tenaga mobil, meningkatkan akselerasi dan kecepatan mobil, juga menjadikan penggunaan bahan bakar mobil menjadi lebih irit.

  3. Hindari Hal-Hal yang Dapat Mengganggu Performa Mobil
    Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan performa mobil menurun. Misalnya mencampurkan zat tidak dikenal ke dalam saluran bahan bakar (karena konon katanya dapat menghemat BBM). Atau menggunakan part mobil yang tidak

Itulah beberapa cara meningkatkan performa mobil yang bisa kami berikan kepada anda. Semoga informasi yang kami berikan ini memberikan manfaat untuk anda dan mobil anda. Senang rasanya menjadi bagian informasi yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here