Intip Cara Menghemat Kampas Kopling Mobil

0
69
tips menghemat plat kopling pada mobil
tips menghemat plat kopling pada mobil
Kedilemaan pengguna mobil saat dihadapi kemacetan adalah bau kampas kopling. Ada yang panik, bingung, bahkan menganggap remeh hal tersebut. Tidak jarang banyak pengguna mobil yang mengakali hal tersebut dengan menekan kopling dalam keadaan pedal gas diinjak? Apakah tindakan ini benar?
Justru tindakan tersebut fatal untuk dilakukan. Mengapa? Sebab kampas kopling cepat habis dan aus. Alhasil kerusakan terjadi pada kopling mobil anda.

Lalu, bagaimana tindakan tepat agar bisa hemat kopling?

Tidak hanya mesin, namun kopling juga butuh perawatan agar tidak cepat mengalami kerusakan atau cepat aus. Selain perawatan, kopling mobil juga harus tepat dalam pengoperasiannya. Salah dalam pengoperasiannya pun juga dapat menimbulkan kopling cepat. Waduh serba salah dong..
Agar anda tidak salah kaprah, ada baiknya simak uraian cara menghemat kampas kopling mobil dengan benar dan tepat. Selengkapnya dibawah ini;

1. Jaga Jarak Mobil Depan

Cara menghemat kampas kopling mobil yang petama adalah menjaga jarak aman mobil depan bertujuan memudahkan anda dalam mengoperasikan rem, gas, serta kopling mobil.

2. Hindari Injak Kopling Setengah-Setengah

Resiko buruk akan menimpa anda jika anda menginjak kopling tidak full. Biasanya, pengguna mobil akan menginjak pedal kopling setengah-setengah dalam keadaan macet.
Tindakan ini dapat membuat kopling sangat cepat aus. Lebih baik dilepaskan dengan menekan gas secara perlahan tanpa bantuan kopling ketika mobil sedang berjalan.
Lain halnya saat berhenti, cukup kosongkan gigi mobil dalam posisi netral dan lakukan pengereman.

3. Jangan Lupa Beri Perawatan Kopling Dengan Servis Berkala

Sebagian pengguna mobil jarang memberikan perawatan kopling ketika sedang berada di bengkel. Pengguna mobil akan lebih fokus pada oli, AC, pembersihan saluran pembakaran, dsb. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui kondisi kopling saat berada di bengkel servis. Tujuannya tidak lain mengetahui masih layak atau tidak kopling pada mobil anda. Jika sudah aus, sebaiknya lakukan penggantian agar berkendara semakin nyaman.
Selesai sudah ulasan informasi mengenai cara menghemat kampas kopling mobil. Sayangi mobil anda dengan penggunaan bijak dan perawatan berkala. Mobil Sehat, Berkendara Jadi Nyaman..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here