Cara Mengemudikan Mobil Matic yang Benar untuk Pemula

0
612
cara mengemudikan mobil matic yang baik dan benar
cara mengemudikan mobil matic yang baik dan benar

Sudah banyak kasus kecelakaan mobil yang terjadi karena pengemudi yang tidak terbiasa membawa mobil bertransmisi matic. Ya, membawa mobil matic ternyata tidak semudah membawa motor matic.

Salah menggeser tuas dapat membuat mobil lompat maju dan menabrak tanpa bisa dikendalikan. Sudah banyak kecelakaan terjadi karena meremehkan tingkat kesulitan mengemudikan mobil matic. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempelajari beberapa cara mengemudi mobil matic berikut ini.

Harus hati hati dalam pengoperasian tuas pada mobil matic karena perpindahan ruas tidak berlangsung secara bebas, dari tuas itu sendiri memiliki berbagai fungsi tertentu yaitu untuk perpindahan gigi, sehingga dalam mengendarai segala macam mobil kita harus lebih hati – hati.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Hal – hal kecil yang harus kita ketahui guna untuk keselamatan kita sendiri. Setelah kita mengetahui poin – poin yang terpenting dalam mengendarai mobil matic maka kita kembali lagi untuk mengulas 7 langkah – langkah atau cara mengemudi mobil matic.

Pastikan Tuas Mobil dalam Posisi P (Parkir) atau N (Netral)

Apabila kita ingin menghidupkan atau mengendarai mobil maka sebelumnya harus memastikan bahwa tuas mobil sedang dalam posisi P (Parkir) atau dengan simbol lain yaitu N (Netral). Desain transmisi matic telah diciptakan oleh produsen mesin mobil sehingga mesin mobil bisa hidup jika posisi tuas berada di P (Parkir) atau N (Normal).

Panaskan Mobil Beberapa Menit Sebelum Digunakan

Apabila mesin mobil baru saja dihidupkan maka tunggu beberapa menit sampai suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara otomatis. Dari beberapa macam bentuk transmisi otomatis, maka percepatan dalam pemindahan yang secara otomatis belum terjadi secara sempurna karena suhu kerja belum normal.

Tekan Rem dan Selalu Siaga di Pedal Rem Sebelum dan Saat Geser Tuas

Apabila kita akan menekan pedal rem maka jika akan menggeser tuas atau akan menjalankan mobil pastikan dulu bahwa rem sudah ditekan. Dan jika kita akan menggeser tuas dari P ke R dan N ke D atau sebaliknya, ada nya rem dalam penggeseran tuas salah satunya untuk menghindari kerusakan mesin.

Pastikan Tuas di Posisi D (Drive) saat Mobil Berjalan (Maju)

Jika ingin memulai dalam perjalanan dengan kondisi normal, maka perhatikan tuas sudah dalam posisi D (Drive) yang berguna untuk berjalan maju sedang kan tuas dalam posisi R (mundur).

Dalam mengendarai mobil tidak hanya melewati jalan yang lurus saja tetapi juga akan melaju di jalan yang mengalami tanjakan, turunan, bahkan licin maka jika menemui jalan tanjakan membutuhkan bantuan pengereman mesin (engine break),  perlu adanya pergeseran tuas ke posisi 2.

Apabila perjalanan yang dialami menanjak atau menurun yang sangat ekstrim maka tuas harus digeser ke posisi 1 atau L.JI

Jangan Asal Pilih Mode “Ekonomis”

Dalam pemilihan mode untuk pengoperasian ekonomis jika tersedia. Dilihat juga dari kegunaan ekonomis yang umumnya hanya digunakan untuk kondisi saat berada di perjalanan kota yang sudah sangat terkenal dengan macet, setiap pengemudi pasti ingin menghemat penggunaan BBM atau ingin mengendarai kendaraan secara santai. Bisa juga memilih metode ekonomis, perpindahan dalam metode percepatan akan otomatis berlangsung di awal.

Dalam mode power kemungkinan terjadinya perpindahan kecepatan yang otomatis lebih lambat sehingga mobil bisa berakselarasi. Ada banyak jenis dalam transmisi otomatis, dalam pemilihan miode pengoperasian, akan sama seperti pemilihan mode pengoperasian S (Sport)

Manfaatkan Tombol OD dalam Mengatur Akselerasi

Didalam mobil matic ada yang namanya Tombol OD atau menggeser tuas ke posisi 3 fungsinya untuk membantu kita dalam berakselerasi dalam menggunakan gigi 3. Apabila kita ingin melaju lebih cepat dan ingin mendahului mobil yang berada didepan kita maka harus menggunakan kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam. dalam kecepatan 60-80 km/jam juga bisa kita gunakan saat berada di area yang memiliki tanjangan panjang dan harus dengan menggunakan gigi 3. Jika tombol OD/OFF menyala itu tandanya perpindahan dalam percepatan dibatasi hanya pada gigi 3.

Jika Tak Terbiasa Matic, Bisa Coba Kembali ke Manual

Untuk menggunakan mode pengoperasian manual maka pilihlah metode Pengoperasian M (Manual), jika ingin mengendarai kendaraan mobil matic seperti mobil manual.

Dengan adanya fasilitas manual matic maka kemungkinan untuk menambah dan mengurangi tingkat percepatan bisa sesuai dengan apa yang pengemudi inginkan. Hanya dengan cara menggeser tuas ke posisi M (Manual) atau juga bisa saat mobil dalam keadaan berhenti atau dalam keadaan berjalan dengan kecepatan yang tidak menentu, kemudian menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi.

Ada berbagai macam mobil yang telah dilengkapi pedel shift yang berada di belakang pengemudi, tetapi hanya mobil tertentu saja yang memiliki fasilitas tersebut. Kemudian setelah tuas digeser ke M maka pelan – pelan menarik pedel ke posisi + (kanan) guna untuk menambah gigi atau sebalik nya mengurangi gigi pada tombol – (kiri).

Mobil matic yang tidak menyediakan fasilitas manual – matic maka bisa saja jika akan memindah atau mempercepat gigi secara manual. Contohnya jika ingin mulai berjalan dari gigi 1 dan untuk menambah percepatan cukup menggeser ke tuas 2 dan selanjutnya. Sebelum menggeser tuas D maka tekan terlebih dahulu tombol OD agar tombol OD/OFF.

Dan juga sebaliknya , hal ini dilakukan agar dalam perpindahan gigi tidak terjadi secara otomatis. Dalam mobil matic PRN D-3 2 1 / L, jika ingin memindahkan gigi 2 menjadi gigi 3 bisa juga dengan menggeser tuas dari 2 ke 3 dan jika ingin menambah gigi menjadi gigi 4 maka hanya menggeser tuas dari 3 ke D.

Perhatian

Harus lebih hati hati dalam mengendarai kendaraan terlebih jika kita ingin mengurangi gigi maka konsentrasi dengan gas mobil yang sedang digunakan. Karena gas sangat mempengaruhi dalam pengurangan gigi. Itu secara garis besar yang harus diperhatikan dalam mengendarai mobil matic. Selain itu ada berbagai macam cara yang lebih terperinci dalam mengendarai mobil matic.

Cara Mengemudikan Mobil Matic di Tanjakan

Mengendarai mobil matic yang berada di area yang memiliki tanjakan, maka sebelumnya harus mempunyai acuan untuk memperkirakan tingkat ketinggian yang akan dilewati. Untuk tanjakan yang berada di kota jakarta masih termasuk standar sehingga bisa menggunakan mode D, mode D sudah bisa untuk mengatasi tanjakan yang akan dilewati.

Maka dari simbol D untuk berpindah ke gigi lainnya, Jika di lihat manual, memiliki limit pada kecepatannya dan bukan pada RPM. Maka anda bisa mempelajari seperti yang ada di bawah ini :

  • Switch ke D3 akan dilakukan dengan cara maxnya sampai pada range gigi 3
  • Switch ke D2 akan dilakukan dengan cara maxnya sampai pada range gigi 2
  • Switch ke D1 akan dilakukan dengan cara maxnya sampai pada range gigi 1

Karena setiap mobil juga memiliki tipe – tipe yang berbeda maka untuk gambaran kalian saja bahwa :

  • D3 max nya berada di 0-30 kpj
  • D2 max nya berada di 40-50 kpj
  • D1 max nya berada di 60 kpj

Di awal untuk melakukan perpindahan dari transmisi D ke D3, D2, atau D1 maka anda tidak usah menekan rem dengan penuh, maka anda bisa menekan pada tombol switch pada tongkat persneling maka selanjutnya anda pindahkan.

Apabila pengemudi sedang berada di daerah yang tanjakan nya tinggi seperti di daerah pedesaan atau pegunungan, hal ini tidak cukup jika hanya menggunakan mode D tetapi harus menggunakan transmisi D2 agar bisa digunakan untuk melalui tanjakan tersebut dengan mudah.

Di dekat kota Jakarta misalnya daerah puncak yang tanjakan nya juga cukup curam maka bisa menggunakan tuas transmisi pada posisi L. Transmisi pada posisi L juga bisa digunakan saat mobil berada di pertengahan tanjakan dan mengalami kemacetan.

Cara Mengemudikan Mobil Matic di Jalan yang Menurun

Setelah menjelaskan bagaimana cara mengendarai mobil matic jika sedang berada di jalan tanjakan maka sekarang sebaliknya anda juga tahu bagaimana cara mengemudikan mobil matic yang sedang berada di jalan yang menurun :

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu untuk D, D3, D2, D1 sebagai berikut ini :

  • Simbol D digunakan untuk untuk jalan datar / tanjakan yang tidak rata
  • Simbol D3 digunakan pada jalan yang sedikit menanjak
  • Simbol D2 digunkan pada jalan yang menanjak
  • Simbol D1 digunakan pada jalan yang memiliki tanjakan yang terjal

    mengenal tuas transmisi pada mobil matic
    mengenal tuas transmisi pada mobil matic

Cara Mengemudikan Mobil Matic di Jalan Macet
Telah dijelaskan di atas tentang bagaimana mengemudi mobil di tanjakan maka selanjutnya kita mengulas bagaimana cara mengendarai mobil matic di jalanan yang macet. Dalam mengendarai mobil matic yang berada di area kemacetan sebenarnya sangat  mudah dibanding mengendarai mobil matic yang melaju di tanjakan.

Mobil matic juga lebih mudah dari pada mobil manual.

  • Pada mobil manual
    maka pengemudi diwajibkan untuk mengijak rem dan memindahkan kopling gigi ke N (Normal)
  • Pada mobil matic
    Pengemudi hanya menahan rem sebentar saja untuk membuat mobil berhenti beberapa detik.

Itulah cara mengemudikan mobil matic yang aman dan benar sehingga meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan. Jangan lupa untuk selalu mengemudi dengan sebaik mungkin.

Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan menanyakannya langsung kepada team Dunia-Mobil.com melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here