Cara Mengemudi Agar Irit Bahan Bakar

0
683
Cara Mengemudi Agar Irit Bahan Bakar
Cara Mengemudi Agar Irit Bahan Bakar

Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengemudi agar irit bahan bakar. Padahal hal ini sangat penting mengingat semakin tingginya harga BBM, dan semakin sedikitnya cadangan minyak dunia. Belum lagi polusi udara yang semakin tinggi.

Salah satu faktor konsumen dalam memilih mobil tentu mengenai konsumsi bahan bakarnya. Tak heran jika keiritan bahan bakar selalu ditonjolkan setiap produsen mobil saat menghadirkan produk-produk terbarunya.

Namun yang perlu diketahui, selain teknologi yang disematkan ada beberapa hal yang sebenarnya memengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan. Termasuk cara cara mengemudi agar irit bahan bakar.

Lihat Juga : penyebab ac mobil cepat rusak

Dilansir di situs resmi Daihatsu, sebenarnya ada tekniik Eco Driving untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil. Teknik ini merupakan prinsip-prinsip dasar safety driving yang tujuan utamanya menghemat bahan bakar, berkendara dengan efisien dan mengurangi polusi.

trik mengemudi irit bbm
trik mengemudi irit bbm

cara mengemudi agar irit bahan bakar

Ada beberapa teknik dasar berkendara yang sebenarnya juga dapat membuat mobil Anda lebih irit. Apa saja itu?

Pertama, soal perpindahan gigi. Anda jangan menunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Idealnya, mengganti perseneling dilakukan antara 2.000 hingga 3.000 rpm.

Kedua, kecepatan mobil Anda harus stabil. Usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan dan stabil. Biasanya, pengemudi bisa mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 RPM untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

Ketiga harus mengemudi dengan Smooth Driving. Hindari pengereman atau akselerasi yang tidak perlu. Kalau pun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah dengan lembut. Injak pedal gas dan rem secara halus. Hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.

Yang terakhir, ketika mengemudi di tanjakan dan turunan sebisa mungkin menjaga kecepatan dan putaran mesin yang tidak terlalu tinggi. Cara ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras. Semoga bermanfaat.

Lihat Juga : kelebihan dan kekurangan oli mobil full sintetik

Jika anda kesulitan mempraktekkan teknik mengemudi di atas, beberapa cara lain yang sekiranya dapat menjadi alternatif di antaranya adalah:

  • Menambahkan alat penambah BBM pada mobil anda
  • Melakukan REMAP pada ECU mobil
  • Mensetting ECU dengan Piggyback PRO
  • dan menggunakan mobil yang memang hemat BBM.

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 943


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here