Cara Mengelola Bengkel Mobil Anda Dengan Mudah dan Praktis

0
130
cara mengelola bengkel mobil
cara mengelola bengkel mobil

Dengan pengelolaan yang baik, maka sebuah usaha akan berjalan lancar . Baik usaha kecil maupun besar, dibutuhkan konsistensi dalam mengelola usaha tersebut, tak terkecuali bengkel mobil. Bagi anda pegiat pengusaha bengkel mobil, masihkah bingung cara mengelola bengkel mobil yang mudah dan tepat? 

Namun banyak cara yang dilalui agar pengelolaan bengkel mobil dapat efektif berjalan dengan lancar. Hal ini tidak terlepas dari SDM berkualitas. Ada yang terbukti berhasil, ada yang terbukti gagal. Ada juga yang terbukti mampu menjadi sebuah bisnis dengan profit sangat baik yang perlu anda tiru.

layanan konsultasi

Cara Mengelola Bengkel Mobil yang Dapat Dicoba

Pada dasarnya, cara mengelola bengkel mobil yang mudah terdapat 3 yang perlu anda coba. Selengkapnya simak ulasan dibawah ini;

1. SOP Jelas Terhadap Keseluruhan SDM

Dampak tidak adanya SOP yang jelas yakni memicu komplain konsumen. Komplain disebabkan oleh berbagai faktor, namun faktor yang paling mendukung yakni hasil pengerjaan tidak berkualitas hingga konsumen merasa tidak puas. 

Pastikan SOP mekanik,frontliner dan supervisor jelas terangkum sehingga meminimalisir adanya komplain konsumen. Ambil salah satu contoh SOP mekanik, biasanya menyangkut pengecheckan di awal. Hal ini bertujuan memberitahukan konsumen saran terbaik yang harus dilakukan. Dan pengecheckan akhir apakah semua hal sudah dilakukan dengan detail.

2. Pengawasan Bengkel

Tingginya aktivitas bengkel mobil maka harus dipastikan segala sesuatu harus terkontrol dan dalam pengawasan ketat. Anda juga harus memastikan teknisi atau mekanik bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan melalui SOP.

Salah satu kelalaian yang disebabkan oleh mekanik, bengkel harus menanggung ganti rugi yang cukup besar karena kerusakan semakin parah. 

3. Barang Terjaga dengan Baik

Sparepart barang juga termasuk hal vital bagi bengkel anda. Umumnya, stock sparepart akan berakhir digudang. Sebab sistem manajemen masih buruk, maka arus masuk dan keluar menajadi tidak jelas. Akibatnya, barang tidak terdata dengan baik. Tidak jarang juga sparepart menjadi rusak. Sangat tidak mungkin anda meneyrahkan sparepart dalam keadaan cacat ke customer bukan? Alhasil bisa saja ia lari ke bengkel lain.

Tak jarang terkadang masih belum memberikan hasil yang optimal karena masih adanya celah kosong dalam pengelolaan yang kurang tepat. Bisa jadi pemasaran kurang baik, marketing belum optimal hingga testimoni konsumen belum merasa puas.

Franchise Dokter Mobil

Tidak ada salahnya untuk mengambil solusi dengan menggandeng bengkel mobil ternama yang sudah memiliki reputasi nama baik untuk usaha anda. Jangan sampai anda terjebak pada franchise abal-abal sebab belum memiliki nama melekat di hati masyarakat. Anda dapat mencoba partnership franchise Dokter Mobil.

Dengan Dokter Mobil, usaha anda akan dibantu sepenuhnya baik dari sistem manajemen, peralatan bengkel, properti usaha, dan lain sebagainya. Dengan mengambil franchise, pengelolaan bengkel dapat menjadi lebih baik dan berdampak pada profit bengkel anda.

Demikianlah beberapa informasi seputar cara mengelola bengkel mobil yang praktis yang bisa kami berikan. Semoga tawaran ini dapat menjadi solusi terbaik untuk anda. Senang menjadi sumber informasi yang berharga untuk anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here