Cara Mengatasi Remote Kunci Pintu Mobil yang Mati dan Macet

0
51
Penyebab dan Solusi Mengatasi Remote Kunci Mobil Mati Karena Kehabisan Baterai
Penyebab dan Solusi Mengatasi Remote Kunci Mobil Mati Karena Kehabisan Baterai

Jika ini tahun 2012 ke bawah, keluhan akan macet atau tidak berfungsinya remote keyless/smart entry pada mobil merupakan hal yang wajar. Sering terjadi pada siapa saja.

Akibat macetnya remote keyless ini, membuka ataupun mengunci mobil tidak bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol engine start/stop. Bahkan menghidupkan mesin mobil pun tidak bisa.

Ada beberapa penyebab untuk masalah ini. Salah satu penyebabnya adalah adanya gangguan frekuensi di sekitar lokasi tempat anda memarkirkan mobil. Beberapa tempat yang sering membuat masalah ini antara lain adalah:

  • Tempat pemancar radio
  • Dekat dengan kantor saluran dan penyiaran televise
  • Area SUTET (Saluran Udara Tenaga Extra Tinggi)
  • BTS provider telepon seluler dan provider internet

Frekuensi yang dihasilkan tempat tersebut mempengaruhi gelombang frekuensi dari remote ke reveicer yang ada di mobil.

Nah, masalah tersebut hanya ada di masa lampau. Untuk masa sekarang pada umumnya sudah tidak ditemukan lagi yang mengeluhkan remote kunci mobil mati atau macet ketika berada di dekat tempat-tempat tersebut. Kemungkinan sebabnya ada 2, yaitu:

  • Pemerintah sudah membuat regulasi agar frekuensi di remote tidak sama dengan frekuensi radio
  • Produk remot mobil sudah diperbaiki dan ditingkatkan agar lebih berfungsi dengan baik.

Namun terkadang masalah remote kunci mobil mati ini terjadi juga karena habisnya baterai pada remote. Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini?

Cara Mengatasi Remote Kunci Mobil Mati dengan Mudah

Adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan langkah berikut ini:

  1. Bila fungsi buka/kunci pintu terganggu, dekatkan remote dengan wireless door lock receiver, biasanya ada di dasbor atau di bagian belakang mobil, kemudian tekan remote unlock/lock.
  2. Bila tidak berhasil, maka terpaksa buka kunci pintu secara manual, dengan anak kunci yang biasanya diselipkan pada remote. Tetapi kalau hal ini dilakukan, bisa menyebabkan alarm berbunyi.

Tak perlu panik ketika alarm berbunyi, ada trik untuk membungkam teriakan alarm.

Trik untuk menghentikan suara alarm mobil tersebut adalah dengan cara:

Masukkan anak kunci ke kunci kontak, kemudian putar ke posisi ON dan ACC sebanyak sepuluh kali secara cepat di bawah lima detik. Ini akan menghentikan teriakan alarm. Mobil bisa dihidupkan .

Trik untuk Non Smart-Entry (Innova G/V, Rush):
Masukkan anak kunci ke kunci kontak, alarm akan berhenti. Mesin bisa dihidupkan.

Trik untuk Mobil Dengan Smart-Entry (Yaris, Altis, Alphard, Camry):
Tekan pedal rem, sampai tombol Start/Stop berwarna hijau.
Dekatkan smart key ke tombol Start/Stop dengan logo TOYOTA menghadap ke tombol Start/Stop, sambil menekan tombol untukĀ  menghidupkan mesin.

Terkadang, selalu ada transmission gap atau jeda. Jika masih belum berhasil, bisa diulang beberapa kali. Tak hanya pada Toyota seperti contoh di atas, hal ini berlaku juga bagi merek lain, seperti Keyless Entry (Kia), Intelligent Key (Nissan), FastKey (Mitsubishi) atau lainnya dengan sistem serupa.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi remote kunci mobil mati atau tiba-tiba tidak berfungsi. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here