CARA MENGATASI MOBIL INJEKSI YANG BOROS

0
191
PENYEBAB MOBIL INJEKSI BOROS

 

Salah satu hasil perkembangan teknologi di sistem bakar yaitu mobil dengan sistem injeksi. Cara kerjanya sistem injeksi yaitu memakai injektor untuk mengisi bahan bakar ke mesin. Pada masa awal pemakaian, mobil modern yang menggunakan sistem injeksi sangat hemat bahan bakar. Jika kehabisan bensin di jalan, solusinya adalah cara menghidupkan mobil injeksi yang kehabisan bensin. Memang bukan solusi utama. Tapi paling tidak, anda masih ada kesempatan untuk membawanya ke tempat pengisian bahan bakar terdekat.

Tapi seiring berjalannya waktu, para pemilik merasa mobil injeksi mereka semakin boros. Selain itu tenaga mesin juga sudah tidak sekuat ketika baru beli dulu. Masalah ini terjadi karena pemilik mobil tidak tahu atau tidak rutin dalam merawat mobil yang seharusnya hemat bahan bakar ini malah berbalik menjadi boros. Tak jarang beberapa orang menjual mobil mereka ketika sudah menyentuh umur tertentu. Sebenarnya tidak perlu menjual. Asal anda tahu beberapa sebab mobil injeksi boros dan cara menanganinya.

PENYEBAB MOBIL INJEKSI BOROS

  • Masalah di ECU

Seperti yang kita tahu, electronic control unit atau yang biasa kita singkat ECU berperan dan berpengaruh besar dalam kinerja mobil injeksi. Untuk sistem pembakaran fungsinya untuk mengatur volume bahan bakar pada injektor, mengatur momen buka tutup katup yang bergantung pada kondisi mesin dan mengatur momen pembakaran busi. Anda perlu tahu juga fungsi busi pada mobil. Ada beberapa fungsi lagi tapi tidak berhubungan dengan sistem pembakaran. Bentuknya seperti sirkuit yang biasa kita temukan pada alat elektronik.

Penyebab kerusakan ECU beragam. Bahkan gejala-gejala kerusakan ECU tiap mobil berbeda. Salah satu tanda kerusakan pada ECU memang mobil lebih boros bensin. Untuk pencegahannya, jangan sampai sistem listrik terganggu.

  • Kotornya Filter Udara

Sebab mobil injeksi boros kedua adalah kotornya filter udara. Memang sudah biasa jika filter udara yang kotor berpotensi membuat mobil lebih boros bahan bakar. Pembakaran juga membutuhkan udara. Tapi karena kotoran di filter udara menghalangi aliran udara, maka bahan bakar yang dibutuhkan meningkat lebih dari yang seharusnya. Kalau filter udara yang bermasalah, biasanya terjadi ngelitik. Ada beberapa penyebab mobil bunyi ngelitik. Karena itu berikan perawatan yang rutin untuk filter udara. Jagalah agar kotoran di filter udara tidak menumpuk. Jika filter udara rusak, maka gantilah dengan yang baru. Harganya tidak sampai seratus ribu rupiah.

 

 

  • Nozzle Injector Tersumbat

Penyebab mobil injeksi boros ketiga adalah tersumbatnya nozzle injector. Diameter lubang nozzle injector memang terbilang kecil. Masalah akan muncul jika nozzle injector jika tersumbat. Tentu akan mengganggu pasokan bahan bakar dan mengakibatkan berkurangnya efisiensinya. Untuk perawatannya, anda perlu tahu cara membersihkan injektor mobil dan cara merawat mesin mobil injeksi.

  • Ruang Mesin Penuh Oleh Kerak 

Penyebab mobil injeksi boros keempat terjadi karena ruang mesin yang penuh dengan kerak. Banyak alasan kenapa terbentuk kerak pada mesin. Sedikit kerak memang tidak begitu menimbulkan masalah besar. Tapi, kalau dibiarkan menumpuk, maka akan mempersempit ruang mesin. Dan ini akan mengganggu kinerja sistem pembakaran dan hasilnya tenaga mesin lemah. Biasanya lemahnya tenaga mesin berhubungan dekat dengan borosnya bahan bakar.

  • Kebocoran di Air Radiator

Kebocoran di air radiator merupakan penyebab mobil injeksi boros bahan bakar. Kebocoran semacam ini terjadi di saluran air yang dekat dengan sistem pembakaran. Air bercampur ke dalam ruang bahan bakar bisa membuat mobil kurang bertenaga dan tentu bahan bakar lebih boros.

  • Ring Piston dan Piston Sudah Tua

Tentu ring piston dan piston mempunyai usia sendiri. Biasanya ditentukan oleh berapa jauh jarak yangs sudah ditempuh mobil. Dua komponen ini terkikis sedikit demi sedikit. Tentu performa dan kompresi mobil sedikit demi sedikit akan berkurang. Rendahnya kompresi mesin berpengaruh ke lambatnya tarikan mesin sehingga membutuhkan bahan bakar lebih dari normal. Karena itu gantilah ring piston dan piston yang sudah aus.

  • Overheat

Overheating biasanya disebabkan karena kegagalan fungsi pada radiator. Seperti yang kita tahu, radiator berperan untuk mendinginkan mesin. Gara-gara terlalu panas, mesin malah memuai hingga kerja mesin berat karena saling gesekan. Kerja mesin yang berat membutuhkan bahan bakar ekstra. Untuk pencegahannya, sebelum perjalanan jauh, lakukan pengecekan pada air radiator apakah penuh atau tidak.

 

 

solusi menjadikan mobil injeksi yang anda miliki jadi jauh lebih hemat BBM, anda perlu tahu beberapa hal. Di antaranya:

  • apa saja faktor penyebab mobil injeksi boros BBM
  • solusi terbaik untuk menangani masalah tersebut
  • mencegah masalah yang sama terulang kembali

 

SOLUSI
·         Lakukan pembersihan pada bagian filter udara
·         Lakukan tune up dan flushing pada mesin mobil
·         Lakukan tune up jet tron untuk saluran BBM
·         Pada tingkat keausan yang tinggi, ganti piston
·         Menggunakan air coolant berkualitas terbaik
·         Lakukan PIgggyback Pro untuk setingan irit BBM
·         Ganti oli mobil, tune up, ganti radiator, overhaul

Cara Menjaga Mobil Injeksi Agar Tetap Hemat BBM

Ada beberapa cara untuk memastikan mobil injeksi tetap hemat BBM, di antaranya adalah:

Rajin Melakukan Perawatan Berkala
Ada beberapa perawatan berkala pada mobil yang bisa anda lakukan. Di antaranya adalah:

  • Service berkala pada KM tertentu
  • Tune Up mobil setiap 6 bulan atau 12 bulan sekali
  • Pengecheckan kualitas spare part pada mobil
  • Mengganti spare part yang memang sudah layak diganti

Dengan melakukan perawatan berkala, mobil injeksi tidak hanya akan lebih irit, namun juga tetap nyaman dikendarai hingga lebih dari 20 tahun. Luar biasa.

Hindari Hal-Hal yang Dapat Merusak Kinerja Mesin
Ada banyak hal yang sadar ataupun tidak, nyatanya dapat merusak kualitas mesin mobil. Seperti yang kita tahu, kinerja mesin yang tidak optimal, dapat menyebabkan mobil injeksi jauh lebih boros.

beberapa hal yang merusak kinerja mesin antara lain:

  • Penggunaan bahan bakar beroktan rendah
  • Asal dalam memilih oli untuk mesin mobil
  • Penggunaan air biasa sebagai coolant radiator
  • Tidak segera menservice mobil ketika kinerja mobil terasa ada masalah

Penggunaan Alat Hemat BBM Mobil
Itulah beberapa penyebab, solusi, dan cara mencegah masalah pada mobil injeksi yang boros bahan bakar. Namun jika anda ingin mengoptimalkan penggunaan bahan bakar, anda bisa menggunakan alat penghemat BBM, diantaranya:

  • JS One
    Merupakan sebuah volt stabilizer yang berguna untuk mengoptimalkan kelistrikan mobil. Dengan kelistrikan yang lebih stabil, penggunaan bahan bakar akan lebih efisien.
  • R-Project
    Bekerja sebagai aki mobil kedua untuk mobil anda. Dengan penggunaan R-Project, suplay kelistrikan mobil akan meningkat 2 kali. Namun meningkatnya suplay kelistrikan tersebut tidak disertai dengan peningkatan konsumsi BBM. Dengan demikian, R-Project adalah alat hemat BBM yang tergolong sangat canggih.

Piggyback Pro
Selain kedua alat di atas, anda juga dapat mencoba untuk mensetting ECU mobil dengan metode Piggyback Pro. Piggyback Pro adalah sebuah penyetingan ECU yang memformat kerja mesin dalam hal:

  • Efisiensi penggunaan bahan bakar
  • Tingkat akselerasi mobil
  • Unlock power maksimal sebuah mobil
  • Dan Menambah kecepatan mobil

Itulah beberapa penyebab mobil injeksi boros BBM dan bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here