Cara Mengatasi Blind Spot Mobil agar Aman saat Berkendara

0
74
Langkah dan Cara Mengatasi Blind Spot pada Mobil
Langkah dan Cara Mengatasi Blind Spot pada Mobil

Salah satu hal yang kerap diabaikan pengendara adalah bagaimana mengatasi blind spot mobil sehingga perjalanan lebih aman. Hal ini penting mengingat banyak kecelakaan bersumber dari sudut-sudut tak terlihat. Khususnya ketika anda berkendara di perumahan.

Pengendara mobil yang tinggal di lingkungan perumahan dinilai perlu waspada saat memulai berkendara. Sebab ada bagian tertentu pada mobil yang menjadi titik buta atau blind spot.

Adanya titik buta dapat membuat pengendara sulit melihat beberapa hal, seperti:

  • Keberadaan anak kecil yang ada di depannya
  • Hewan peliharaan yang tiba-tiba berlari
  • Munculnya kendaraan yang tiba-tiba datang dari arah rumah

Pernah ada kejadian pengendara yang memulai menjalankan mobil, namun ada anak tetangganya yang masih bermain-main di sekitar mobil. Karena tak tampak oleh pengendara, anak itupun tertabrak.

Ada blind spot di mobil yang membuat anak kecil tidak kelihatan. Hati-hati, karena ini blind spot yang berbahaya.

Cara Mengatasi Blind Spot Mobil

Blind Spot alias titik buta pada kendaraan bermotor, yaitu pengemudi tidak bisa melihat bagian dari sekelilingnya. Faktor utamanya, karena terhalang oleh muatan atau pengaturan spion tidak benar.

Beberapa cara untuk mengurangi blind spot di antaranya adalah:

Atur Posisi Kaca Spion
Jika pengguna mobil berusaha mengurangi keberadaan Blind Spot, dianjurkan untuk mengatur posisi spion. Usahakan, jangan berjalan sampai pandangan di kiri dan kanan sudah dirasa normal.

Patokannya, sebagian kecil bodi mobil terlihat jelas di kedua sipon (kiri-kanan) saat berkendara.

Pasang Spion Cembung
Selain itu, bisa juga memasang cermin kecil cembung di spion. Sehingga, titik buta di sekitarnya bisa berkurang, dan pengemudi bisa melihat kondisi dengan normal.

Biasanya spion cembung itu untuk mobil dengan bodi besar. Karena mobil berukuran besar area blind spotnya juga lebih besar.

Fungsi dari cermin cembung kecil, yaitu untuk memperluas pandangan. Bahkan, pengguna mobil bisa juga menggunakan cara lain.

Menggunakan Kamera Video
Memakai kamera video akan sangat berguna. Karena memungkinkan kita untuk dapat melihat kondisi di belakang kendaraan lebih jelas.

Video kamera ini akan lebih baik lagi jika dipasang dengan penggunaan sensor parker.

Pengendara perlu mengecek sekeliling mobil sebelum masuk dan mulai menjalankan mobil. Pastikan sebelum menjalankan mobil:

  • Sudah tidak ada lagi objek yang menghalangi.
  • Tidak ada anak kecil yang kemungkin tiba-tiba berlari di sekitar rute anda
  • Tidak ada hewan peliharaan yang mungkin tiba-tiba berlari ke arah mobil yang melaju

Setelah mengetahui bagaimana mengurangi titik blind spot, anda tentu penasaran satu hal. Di mana saja titik blind spot pada mobil. Padahal dengan tahu titik-titik tersebut, mengatasi titik blind spot pada mobil akan lebih mudah.

Titik Blind Spot pada Mobil

Setiap jenis kendaraan memiliki titik buta atau yang berbeda-beda. Semakin tinggi kendaraannya biasanya titik butanya lebih besar.

Dalam gambar di bawah ini, kendaraan nomor 1 dapat melihat kendaraan nomor 3 tapi tidak bisa melihat kendaraan nomor 2 melalui kaca spion karena berada di area blind spot.

Posisi Titik Buta pada Mobil
Posisi Titik Buta pada Mobil

Kemudian kendaraan nomor 2 hanya dapat dilihat dengan menengok ke sebelah kanan yang artinya memalingkan pandangan dari depan, sangat berisiko. Area yang ditunjukan dengan huruf (a) itu sedikit area blind spot dari sudut pandang sopir, saat akan belok ke kiri.

Sementara area huruf (b) itu sedikit area blind spot dari sudut pandang sopir namun saat akan belok ke kanan.

Truk gandengan/ trailer memiliki blind spot sangat besar. Kelemahan blind spot terbesar terutama pada saat belok dan mundur. Bagian bawah juga blind spot yang sangat besar, sepeda motor, sedan kecil ceper, atau kendaraan kecil lainnya tidak akan terlihat oleh supir truk gandengan ini.

Pada kendaraan dengan box, tidak mempunyai pandangan pada spion tengah sama seperti pada truk gandeng. Jadi hanya bergantung pada kaca spion di kiri dan kanan mobil. Bedanya untuk mobil box tidak terlalu tinggi, sehingga bila sopir sedikit menengok ke kiri atau kanan, masih dapat melihat mobil-mobil yang lebih rendah darinya.

Itulah beberapa titik blind spot dan cara mengurangi jumlah titik blind spot pada mobil. Semoga artikel mengenai cara mengatasi blind spot mobil yang kami berikan bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here