Cara Membedakan Aki Mobil Baru, Bekas, Asli, Palsu, dan Rekondisi

0
83
Panduan cara membedakan aki mobil asli dan palsu hanya dengan sekilas pandang
Panduan cara membedakan aki mobil asli dan palsu hanya dengan sekilas pandang

Banyak oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan konsumen perihal cara membedakan aki mobil asli dan palsu untuk mendapatkan uang lebih. Padahal hal tersebut sangat merugikan konsumen, dan berbahaya bagi pengendara mobil lainnya.

Bayangkan saja, karena adanya masalah pada aki mobil, mobil bisa meledak, mogok di tengah jalan, ataupun terjadinya kecelakaan.

Pernahkah Anda ketika membeli aki tapi ternyata sudah soak? Padahal belum setahun aki yang Anda beli tersebut dipakai atau bahkan baru tiga bulan. Masalah ini seringkali di alami oleh para konsumen sehingga merugikannya.

Setidaknya ada beberapa jenis aku mobil berdasarkan tingkatnya, yaitu:

  • Aki mobil asli dan berkualitas baik
  • Aki mobil asli namun kualitasnya biasa saja
  • Aki mobil asli namun kualitasnya jelek
  • Aki mobil bekas
  • Aki mobil rekondisi

Nah, aki mobil yang asli dan berkualitas adalah yang banyak dicari orang. Namun harganya cukup mahal. Oleh sebab itu, banyak oknum nakal yang berusaha memanfaatkan hal ini.

Cara Membedakan Aki Asli dan Palsu dengan yang Bekas dan Rekondisi

Untuk tahu mana yang asli dan tidak merupakan hal yang sangat susah. Biasanya aki yang cepat rusak merupakan aki bekas yang telah dilakukan rekondisi. Meskipun begitu, aki rekondisi juga dapat dikenali.

Pada umumnya aki yang merupakan hasil rekondisi terminalnya sudah tergores dan covernya nampak gembung. Selain itu, tampilan warnanya juga sudah menghitam. Kalau sudah lama tidak dipakai kan akan gembung, bai kaki basah maupun kering. Tapi kalau aki kering biasanya jarang yang rekondisi,rganya. Jika harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran, maka Anda patut curiga, apalagi ditambah dengan garansinya yang tidak akan berani memberikan dalam jangka waktu lama.

Membedakan Kualitas Aki dari Harganya

Soal harganya juga bahkan bisa setengahnya. Malahan dia bisa tahu kondisi akinya berapa persen, yang tentunya pasti akan mempengaruhi harga. Kalau kondisinya mungkin masih 80-90 persen, ya untuk harganya masih mirip-mirip dengan aki baru. Garansinya juga biasanya cuma berani ngasih tiga bulan. Kalau aki terbaru, biasanya garansi yang diberikan adalah satu tahun,” tambahnya lagi.

Demikianlah beberapa cara membedakan aki mobil asli dan palsu yang bisa kami informasikan. Yang terpenting adalah, pastikan membeli aki mobil di bengkel mobil yang jujur dan terpercaya. Hal itu untuk memastikan anda benar-benar mendapatkan aki mobil yang tak hanya asli, namun juga memiliki kualitas terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here