Bagaimana Cara Izin Usaha Bengkel Mobil? Ini Jawabannya

0
2416
izin usaha bengkel mobil
izin usaha bengkel mobil

Bagi anda yang ingin membuka peluang bengkel otomotif mobil, sudah sejauh mana persiapan anda? Apa saja yang harus dipersiapakan untuk izin usaha bengkel mobil ? Kalimat terbesit yang anda pikirkan yakni repot, buang-buang waktu, kelamaan, dsb. Indonesia yang kita pijaki berlandaskan hukum, jadi segala peraturan harus diterapkan termasuk mengurus izin pembangunan.

Namun tak sedikit sebagian orang merasa kebingungan apa saja yang harus dipersiapkan? Berapa lama waktunya? Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan?

Agar menjadi lebih mudah dan terarah, berikut 3 cara izin untuk mendirikan usaha bengkel mobil dengan mudah dan amak. Selengkapnya simak ulasan dibawah ini;

1. Siapkan persyaratan

Anda diwajibkan untuk mempersiapkan beberapa dokumen dan persyaratan untuk diserahkan kepada pemerintah setempat. Apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut dokumen-dokumennya, antara lain sebagai berikut;

a. Permohonan diajukan secara tertulis kepada Kepala DPMPTSP; 

b. Surat Kuasa bermaterai cukup dengan melampirkan Fotokopi KTP Penerima Kuasa (apabila pengajuan permohonan dikuasakan kepada orang lain); 

c. Fotocopy Akta Pendirian dan perubahannya (apabila terjadi perubahan), kecuali instansi Pemerintah atau Pemerintah Daerah; 

d. Fotocopy KTP dan NPWP Pemilik/Pengurus Badan Usaha; 

e. Salinan Dokumen Lingkungan Hidup; 

f. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB); 

g. Fotocopy Bukti Kepemilikan Hak Atas Tanah atas nama badan hukum pemilik bangunan

2. Prosedur pembuatan

Prosedur pembuatan ada 2 cara, yakni online dan offline. Jika anda berencana menjalankan usaha di DKI Jakarta, semua formulir yang wajib diisi dapat diunduh secara online. Namun, lain halnya jika diluar daerah, mungkin anda masih harus bolak-balik untuk mengisi secara langsung.

Setelah semua formulir diisi, serahkan formulir tersebut pada loket pendaftaran. Pada tahap ini, petugas akan meneliti permohonan dan memutuskan apakah permohonan dapat diproses atau butuh revisi.

Baca Juga : Cara Promosi Bengkel Mobil Agar Selalu Ramai Konsumen

Selanjutnya, hanya tinggal menunggu verifikasi lanjutan yang dilakukan oleh kepala dinas terkait. Jika disetujui, SIUP akan diserahkan pada kamu setelah ditandatangani dan distempel.

Jika dokumen yang kamu ajukan ternyata tidak sesuai atau tidak memenuhi syarat, SIUP tidak diberikan dengan penjelasan oleh petugas.

3. Durasi waktu

Untuk mendapatkan SIUP, rentang waktu 1-3 hari kerja tergantung kebijakan masing-masing daerah setempat. Biasanya di Jakarta hanya butuh satu hari kerja. namun, jika diluar Jakarta waktu yang dibutuhkan sampai 3 hari kerja.

4. Biaya

Dalam prosesnya, izin untuk mendapatkan SIUP gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Namun tak jarang masih terdapat beberapa oknum nakal yang meminta jasa uang kisaran Rp10.000 rupiah. Biasanya hal ini terjadi di kabupaten setempat.

Hal tersebut belum termasuk waktu dan jarak yang terbuang untuk mengurus persyaratan point diatas. Jika anda tidak ingin repot mengurus keseluruhan, Dokter Mobil bisa menjadi solusi terbaik anda untuk mendirikan bengkel mobil impian anda. Cukup hubungi Dokter Mobil, maka tim kami yang akan mengurus persyaratan tersebut. Simpel bukan?

Selesai sudah ulasan untuk izin usaha bengkel mobil. Semoga dapat membantu anda untuk menyiapkan dokumen SIUP. Semoga dapat dijadikan sebagai rujukan anda..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here