Intip Agar Mudah Cara Bagi Hasil Usaha Bengkel Mobil Anda

0
443
cara bagi hasil usaha bengkel mobil
cara bagi hasil usaha bengkel mobil

Memiliki usaha bengkel mobil termasuk idaman bagi sebagian orang. Sebab profit yang didapatkan pun tak tanggung-tanggung, cukup sekali modal saja. Sebelum anda membuka bengkel mobil untuk umum, pastikan SDM berkualitas, sistem manajemen teroganisir baik, serta  lingkungan bersahabat.

Sudahkan menentukan cara bagi hasil usaha bengkel mobil yang tepat? hal ini sudah menjadi keharusan bagi pemilik bengkel dalam membagi hasil usaha secara keseluruhan terhadap investor, pengelola, montir/mekanik, dan pemilik lahan. Jika tidak dimatangkan secara baik, tentu akan menimbulkan masalah berkepanjangan.

layanan konsultasi

Bagaimana Cara Terbaik Bagi Usaha Bengkel Mobil?

Tidak lain cara tersebut yakni harus dimusywarahkan bersama baik untuk investor, pengelola, dan montir/mekanik. Hal tersebut untuk menghindari kesalahpahaman atau sabotase dikemudian hari.

Pahami prinsip ini;

  1. Porsi terbanyak ialah seorang yang menanggung resiko terbesar. Sebaliknya, jika hanya menanggung resiko kecil maka kecil pula porsi hasil yang didapat.
  2. Bedakan bagi hasil antara mekanik, dengan investor.

Mekanik dan karyawan lainnya mendapat gaji satu bulan. Namun hasil yang didapat berubah-ubah tergantung besaran yang didapat perbulan tidak selalu sama. Selain gaji, mekanik dan karyawan lainnya mendapat sumber pendapatan lain dari bonus atau komisi atas penjualan yang berhasil dicapai. Sangat diperlukan adanya komisi agar kinerja karyawan dan montir menjadi semangat dalam memasarkan produk.

Baca Juga : Tips Mudah Memilih Nama yang Bagus Untuk Bengkel Mobil Anda

Lain halnya dengan investor, bisa rentang waktu bulanan hingga tahunan sesuai kesepakatan antara dua belah pihak.

Ini Cara Pembagian Gaji Karyawan Jika Lebih dari Satu

Agar bengkel berjalan efektif serta kondusif, sangat tidak memungkinkan jika anda hanya merekrut satu karywana saja yakni montir. Perlu adanya frontliner atau admin bengkel untuk menghandle konsumen, supervisor untuk mengawasi keseluruhan bengkel, serta 4-5 montir agar tidak menimbulkan antrean menumpuk.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan agar lebih jelas terarah yakni sebagai berikut;

  1. Buatlah struktur organisasi bengkel mobil. Jangan lupa sertakan anda sebagai pemilik bengkel mobil.
  2. Kelompokkan besaran gaji yang ditetapkan sesuai kinerja atau porsi resiko yang dihadapi. Contoh supervisor berhak mendapatkan gaji setara montir plus tunjangan jabatan karena jobdesk yang diterimanya lebih besar daripada karyawan lainnya.

3. Nominal gaji yang ditetapkan umumnya mengikuti standar UMR ataupun UMP. Permasalahannya yakni standar tersebut selalu naik tiap tahunnya meskipun tidaklah drastis. Untuk menyesuaikan kondisi ini, anda harus memastikan kinerja karyawan tetap produktif. Jika tidak, alhasil margin laba menurun dan anda mengalami defisit pemasukan.

Ini Cara Agar Mekanik/Montir Loyal Kepada Anda

Meskipun anda seorang bos besar sekalipun, jangan pernah menganggap bawahan anda sebagai budak atau pembantu. Prinsipnya: memanusiakan manusia. Jika anda memerlakukannya dengan baik bahkan seperti teman pada waktunya, maka secara langsung dirinya akan merasa kehangatan kebersamaan pemilik dan karyawan.

Tak dapat dipungkiri salah satu tantangan tersendiri bagi pengusaha bengkel mobil yakni mencari montir atau mekanik berpengalaman. Sebab komponen inilah yang menjadi ujung tombak sebuah bengkel akan mendapat kepercayaan oleh konsumen atau justru sebaliknya. Jangan sungkan untuk memberikan rewards kepada anak buah anda atas pencapaian yang telah dilakukan untuk memajukan usaha bengkel mobil anda.

Masalah yang selalu melanda bagi calon pengusaha yakni apakah bengkel tersebut akan berbuah manis atau justru gagal terjungkir balik? 

Melihat fenomena saat ini, sudah ratusan bengkel yang tersebar diberbagai sudut jalanan. Apakah anda sudah siap bersaing dengan bengkel-bengkel ternama lainnya?

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda menggandeng partnership dengan bengkel ternama. Dokter Mobil bisa menjadi solusi tepat untuk anda. 

Franchise Dokter Mobil

Dengan beragam benefit yang dikelola langsung oleh Dokter Mobil, jangan khawatir bengkel anda padam. Mulai dari urusan surat-menyurat izin bangunan, hingga marketing akan dikelola langsung oleh Dokter Mobil. Wujudkan usaha franchise bengkel mobil idaman anda bersama Dokter Mobil.

Oke sobat Dunia Mobil, selesai sudah artikel mengenai cara bagi hasil usaha bengkel mobil dengan mudah. Semoga dapat dijadikan acuan bagi anda dan bermanfaat bagi khalayak luas, khususnya bagi yang ingin membuka usaha bengkel mobil. Senang dapat menajdi sumber informasi terpercaya untuk anda.

Masih belum puas? Baca artikel menarik lainnya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here