Masih Bingung Pilih Ban Mobil? Simak Tips Selengkapnya

0
68
tips memilih ban mobil
tips memilih ban mobil

Jangan sembarang pilih ban mobil, sebab tiap jenis ban mobil memiliki karakteristik tersendiri bagi tiap jenis mobil. Ban di desain untuk mengoptimalkan karakteristik performa tertentu laju kendaraan. Harga yang dibanderol pun cukup bervariatif, dari yang murah hingga mahal. 

Untuk anda yang masih bingung untuk memilih ban yang tepat, alangkah baiknya simak tips beli ban mobil baru agar tidak salah pilih ban.

layanan konsultasi

1. Perhatikan desain alur ban 

Ternyata desain alur ban juga berpengaruh terhadap performa berkendara anda. Sebab itu, pilihlah ban mobil yang memiliki konstruksi yang di desain khusus untuk membantu menyerap tonjolan dan memberikan pengalaman berkendara yang mulus. Hindari memilih ban mobil dengan desain yang agresif, karena dapat menciptakan kebisingan dalam berkendara. 

Namun ingatlah bahwa alur ban pun punya peran yang penting untuk memberikan traksi yang baik pada kendaraan.

2. Traksi atau daya cengkram

Dari semua komponen mobil, hanya ban yang langsung bersentuhan dengan aspal jalan. Pilihlah ban mobil yang memiliki traksi dan daya cengkram yang baik. Hal ini dapat menimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh ban mobil, terutama saat sedang jalanan licin karena turunnya hujan.

Ketahui ini, kemampuan kendaraan dalam menciptakan pengereman, manufer, dan juga stabilitas yang baik ditentukan oleh daya cengkram pada ban Anda.

3. Handling

Ban mobil juga berfungsi sebagai handling. Instruksi pengemudi akan diteruskan oleh ban dari roda ke jalan. Sehingga, sangat cocok memilih ban mobil dengan kembangan yang mampu menciptakan handling yang sangat baik.

Baca Juga : Kapan Waktu Tepat Untuk Mengganti Oli? Ini Jawabannya

4. Hemat Bahan Bakar 

Ban mobil bisa bikin hemat bahan bakar? Kok bisa?

Memilih ban mobil dengan hambatan gulir yang rendah dapat membantu anda menghemat bahan bakar.

5. Ketahanan 

Sangat perlu memilih ban mobil yang mempunya kualitas terbaik. Kualitas didapatkan dari ketahanan. Apa maksudnya? Yakni tahan terhadap kondisi permukaan jalanan sehari-hari.

Sekian ulasan hari ini tentang tips beli ban mobil baru. Srmoga dapat dijadikan rujukan bagi anda. Baca artikel menarik lainnya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here