Perbedaan Antara Mobil Autopilot dengan Mobil Autonomous

0
49
Mobil Autonomous dan mobil Autopilot ini beda cara kerja fungsi dan harga mobilnya
Mobil Autonomous dan mobil Autopilot ini beda cara kerja fungsi dan harga mobilnya

Banyak yang belum mengetahui perbedaan mobil autopilot dengan mobil autonomous. Walau menggunakan sistem AI, keduanya berbeda. Baik dari sisi konsep, harga, hingga keamanan.

Pabrikan mobil asal Amerika Serikat , Tesla Motors, telah resmi memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Tesla Model X di Indonesia. Pada produknya kali ini, Tesla masih mengusung konsep mobil masa depan seperti tenaga listrik dan kemudi autopilot.

Konsep mobil autopilot sendiri adalah suatu terobosan dalam dunia otomotif. Namun demikian, banyak di antara kita yang masih mengira bahwa mobil autopilot sama dengan mobil tanpa awak alias autonomous. Padahal bukan itu, lho. Berikut beberapa perbedaan yang berhasil dirangkum oleh IDN Times.

Perbedaan dari Sisi Konsep Kendaraan

Salah satu perbedaan yang mendasar adalah pada konsep kendaraan masing-masing. Lantas apa bedanya?

Mobil Autopilot
Mobil autopilot mengusung konsep self-driving. Konsep mobil autopilot yang diusung Tesla Model X pada dasarnya mirip dengan konsep autopilot pada pesawat terbang.

Jika ada sesuatu di luar dugaan, pengemudi bisa mematikan system autopilot dan menjadi pengemudi manual.

Mobil Autonomous
Sedangkan mobil autonomous mengusung konsep driver-less alias benar-benar tanpa awak. Jadi ketika anda menaiki mobil autonomous, benar-benar tidak ada pengemudi. Hanya ada kecerdasan buatan yang akan membawa anda ke tempat tujuan.

Perbedaan dari Sisi Sistem Kemudi

Perbedaan konsep kendaraan juga mempengaruhi kemudinya. Lantas apa bedanya?

Mobil Autopilot
Pada mobil autopilot yang mengusung konsep self-driving, keberadaan pengemudi masih diperlukan untuk menghidupkan dan mematikan kendaraan.

Selain itu, keberadaan pengemudi juga diperlukan apabila terjadi kondisi darurat seperti sensor yang tiba-tiba mati.

Mobil Autonomous
Sedangkan mobil autonomous, benar-benar tidak membutuhkan lagi adanya pengemudi. Semua sistem pada kendaraan dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Perbedaan dari Sisi Sistem Sensor

Walaupun sama-sama menggunakan sistem sensor. Namun, hal yang membedakan adalah jenis sensor yang digunakan.

Mobil Autopilot
Menggunakan sensor kamera berspesifikasi tinggi untuk menggantikan mata pengemudi dalam melihat jalan dan obyek di sekitarnya.

Mobil Autonomous
Sedangkan mobil autonomous menggunakan sensor LIDAR (light-sense radar) untuk kegiatan navigasinya. Mekanisme sensor LIDAR sendiri adalah menembakkan dan menangkap kembali pantulan sinar laser untuk memperkirakan jarak dan dimensi obyek di depannya.

Perbedaan dari Sisi Pabrikan

Hal lain yang berbeda dari kedua model kendaaran di atas adalah pabrikan yang memproduksi.

Mobil Autopilot
Diproduksi oleh produsen otomotif, seperti Tesla Motors, Audi, BMW, dan Bentley.

Mobil Autonomous
Kebanyakan diproduksi oleh perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Apple, dan Baidu.

Perbedaan dari Sisi Keamanan dan Tingkat Risiko

Dan ini merupakan bagian paling penting yang wajib diketahui. Karena nyawa penumpang benar-benar diserahkan pada system kecerdasan buatan. Lantas apa bedanya?

Mobil Autopilot
Pada mobil autopilot, tingkat keamanan diklaim memenuhi standar. Menurut National Insurance Crime Bureau (NICB), tingkat pencurian mobil autopilot Tesla hanya 0,15%. Selain itu, walaupun merupakan mobil autopilot, tingkat kecelakaan Tesla tergolong rendah.

Dalam beberapa kejadian kecelakaan belum pernah ada korban tewas.

Mobil Autonomous
Karena statusnya masih dalam pengembangan, maka ada beberapa kasus di mana pernah mengalami beberapa permasalahan seperti manuver yang tidak dihendaki dan permasalahan software.

Perbedaan dari Sisi Produksi dan Pemasaran

Dari sisi kesiapan untuk diproduksi dan dipasarkan, ternyata kondisi mobil autopilot dan autonomous sangat berbeda jauh. Bagaimana perbedaannya?

Mobil Autopilot
Sudah dapat ditemukan dan dibeli dengan mudah. Karena produk ini sudah dipasarkan melalui unit-unit penjualan dari Tesla Motors

Mobil Autonomous
Seperti yang dikutip dari BBC, Google sebagai pengembang mobil autonomous Waymo, masih harus melakukan banyak perbaikan.

Kendala pendanaan juga menjadi faktor sulitnya Waymo diproduksi massal. Kabar terakhir menyebutkan bahwa Google membuka kesempatan pada perusahaan lain untuk bekerjasama dalam proyek Waymo.

Nah itulah beberapa perbedaan di antara mobil autopilot dan mobil autonomous yang bisa kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca. Jika anda memiliki pertanyaan ataupun informasi tambahan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here