Waspadai, Salah Pilih BBM Dapat Berpengaruh Pada Mesin Mobil

0
258

Percaya tidak bahwa BBM mesin dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil anda? Jangan asal sembarang pilih bahan bakar terlebih harganya lebih murah. Ternyata ada penjelasannya mengapa bbm berpengaruh pada mesin mobil anda.

Sudah tahu belum?

Perlu diketahui bahwa BBM memiliki kadar kualitas tersendiri. Kadar kualitas inilah yang dapat diukur dari tingkatan oktan bahan bakar.

layanan konsultasi

Nilai oktan pada masing-masing bahan bakar pertamina yakni sebagai berikut;

Premium adalah 88,

Pertalite 90,

Pertamax 92

dan Pertamax Turbo 98.

Sementara untuk Shell ; Super (92) dan V Power (95). Sedangkan Total menjual 92 dan 95.

Ini Penjelasannya

Umumnya, pengguna mobil disarankan menggunakan oktan minimal mempunyai nilai takaran 92. Dengan oktan yang baik, sistem pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga mesin tidak bekerja keras yang berpengaruh pada sistem oksidasi pelumas.

Dampaknya Pada Mobil

Waspadai jika anda masih menggunakan BBM dengan oktan dibawah 90. Sebab semakin rendah nilai oktan maka penyaringan bahan bakar tidaklah sempurna alias masih kotor. Alhasil dapat menimbulkan gejala ngelitik pada mesin mobil anda.

Selain pada gejala ngelitik, penggunaan BBM pada kendaraan juga turut berpengaruh pada kualitas oli. Semakin bagus BBM yang dipakai, maka oli pun memiliki usia pakai yang panjang.

Jangan lewatkan pergantian oli secara berkala

Kapan anda terakhir mengganti oli mobil? Umumnya, untuk mengganti oli mobil dibutuhkan waktu enam bulan sekali atau kilometer 5.000 sampai 10.000 km.

Baca Juga : Malas Ganti Oli Mobil? 3 Efek Umum yang Terjadi pada Mobil

Bagi warga Jakarta atau perkotaan padat, disarankan untuk mengganti oli dalam setahun yang dilebihkan. Maksudnya, jika biasanya mengganti oli dalam setahun dua kali, ditambah jadi tiga kali ganti, untuk idealnya empat bulan sekali. Jangan tunggu hingga mencapai jarak 10.000 km.

Bahwasannya, jangan melihat dari patokan jarak tempuh, namun lebih ke waktu. Dikhawatirkan pelumas tidak dapat bekerja maksimal untuk melindungi mesin dari gesekan.

Meskipun jarak belum sampai, namun dengan kemacetan parah yang terjadi di Jakarta akan membuat mesin bekerja dengan sangat ekstra setiap harinya. Belum lagi jika ditambah dengan cuaca panas, tentunya hal ini akan membuat mesin bekerja sangat keras.

Itulah ulasan mengenai bbm berpengaruh pada mesin mobil. Yuk rawat mobil anda dengan memberikan perawatan terbaik, salah satunya memberikan BBM dengan kualitas terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here