Sudah Tahu Belum Bahaya Meninggalkan Power Bank di Mobil?

0
88

Apakah anda sering meninggalkan power bank dalam kabin mobil? Waspadai sebaiknya kurangi kebiasaaan tersebut, pasalnya kenali dampaknya lebih dalam.

Sudah seyogyanya aktivitas manusia tidak bisa dijauhkan dari handphone. Oleh sebab itu, untuk menunjang power handphone maka dibutuhkan power bank agar aktivitas tidak terganggu dalam kondisi kehabisan baterai.

layanan konsultasi

Kini, power bank sudah menjadi kebutuhan sentral yang selalu dibutuhkan oleh pengguna mobilitas tinggi, salah satunya drive online. Dengan hadirnya power bank, kita tidak perlu takut kehabisan baterai ditengah perjalanan. Sadari bahaya meninggalkan power bank dalam mobil anda. 

Jangan Sampai Anda Mengalami Hal Ini

Kebiasaan pengguna kendaraan hingga saat ini yang dapat berakibat fatal pada mobil miliknya yakni meninggalkan power bank dalam kabin mobil dalam waktu yang lama.

Akibat kebiasaan inilah sebuah insiden muncul di Malaysia hingga mengakibatkan mobil miliknya terbakar. Tidak hanya di Malaysia, namun hal serupa juga dialami oleh warga Indonesia . Sebuah mobil Honda Brio ikut hangus terbakar dikarenakan power bank meleleh ketika sedang charging di colokan lighter mobil

Ini Sebabnya Power Bank Mudah Terbakar

Pemicu power bank mudah terbakar yakni ketika mobil sedang terparkir dibawah terik sinar matahari. Hal ini dapat berpotensi power bank dapat meledak, terutama jika letaknya diatas dashboard mobil.

Baca Juga : Ketahui Bahaya Air Biasa Pada Radiator Mobil, Ini Faktanya

Panas menjadi pemicu power bank menjadi meledak. Mengingat casing power bank yang didesain kurang bagus hingga sangat rentan retak dan bocor, maka dapat membuat lithium akan mengalami kontak langsung dengan udara dan oksigen. Kontak langsung antara lithium dan udara inilah yang rentan menyebabkan munculnya api. 

Selain itu, arus listrik menjadi tidak terputus dengan sempurna meski kondisi power bank sudah full. Alhasil power bank menjadi mengembung hingga muncul percikan api. Jadi tidak heran bila mobil mengalami ledakan terbakar.

Masihkah anda berani melakukan hal tersebut? Ada baiknya segera hindari agar mobil tetap dalam kondisi baik-baik saja.

Nah itulah ulasan mengenai bahaya meninggalkan power bank dalam mobil. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat Dunia Mobil..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here