Ketahui Bahaya Mengintai Jika Malas Servis AC Mobil Anda

0
238
Bahaya Mengintai Jika Jarang Servis AC Mobil
Bahaya Mengintai Jika Jarang Servis AC Mobil

Kapan terakhir kali anda servis AC mobil? Jangan tunggu kompresor ac mobil rusak baru diservis, sebab hal ini bisa menjadi pemicu komponen lainnya ikut merembet. Kebanyakan para pengguna mobil jarang melakukan pengecekan kondisi sistem AC selama AC masih dingin belum menimbulkan gejala. Padahal, sistem AC mobil juga perlu perawatan rutin, sama halnya seperti bagian lain dalam kendaraan.

Ini Akibatnya Jika Malas Servis AC Mobil

Nyatanya, masih ada pemilik kendaraan yang kadang kerap melupakan bagian AC sebelum rusak. Jika AC sudah rusak, banyak pengguna mobil yang masih salah asumsi kerusakan mobil. Bisa saja kompresor AC rusak.

layanan konsultasi

Kompresor merupakan jantungnya AC mobil. Tanpa kompresor, kinerja AC mobil tidak akan berjalan sempurna. Bagian itulah yang membutuhkan pelumasan lebih ekstra. Jika tidak ingin jebol, maka anda harus rutin melakukan penggantian oli kompresor.

Pentingnya Mengganti Oli Kompresor

Jika anda masih malas mengganti oli kompresor, sebaiknya anda ketahui ini pentingnya mengganti oli kompresor. Tujuan pelumasan adalah untuk melumasi dinding-dinding liner dan piston. Jika oli tidak diganti, maka kompresor dipaksa bekerja dan berakhir dengan kondisi kompresor yang ‘ngorok’ dan biasanya harus diganti baru.

Masih Bingung ? Ini Waktu Tepat Untuk Ganti Oli Kompresor

Tidak sedikit orang yang beranggpan bahwa dirinya masih keliru atau bingung kapan harus mengganti oli kompresor. Sebab tidak ada edukasi yang mendalam, maka hal ini jarang diperhatikan olehnya. Selagi tidak ada gejala kerusakan, maka AC mobil dianggp masih bagus tanpa harus di servis.

Waktu yang tepat untuk mengganti oli kompresor yakni setiap 20.000 kilometer (km) atau satu tahun. Jangan sampai Anda merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti kompresor seba komponen ini terbilang cukup menguras kantong anda. Disamping mengganti oli kompresor, sebaiknya perhatikan juga komponen lain dalam AC dicek dan dibersihkan secara rutin juga.

Perawatan untuk filter kabin sebaiknya bersihkan tiap 3 bulan sekali. Untuk evaporator bersihkan 6 bulan.

Baca Juga : 5 Kerusakan Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Panas

Masih malas mengganti oli kompresor?

Bersipalah kompresor rusak. Jika sudah rusak, finansial anda menjadi terganggu sebab bertambahnya budget perawatan mobil anda. Perawatan rutin lebih murah. Cegah sebelum mengobati.

Demikian ulasan artikel terkait kompresor ac mobil rusak. Semoga bermanfaat dand apat menyadarkan kita bersama untuk lebih rutin servis AC mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here