Ketahui Bahaya Air Biasa Pada Radiator Mobil, Ini Faktanya

0
188
Bahaya Air Biasa Pada Radiator Mobil
Bahaya Air Biasa Pada Radiator Mobil

Seberapa penting radiator bagi mobil anda? Selain oli, ternyata radiator memiliki peran yang tak kalah penting. Radiator berfungsi mendinginkan kendaraan untuk mencegah overheat.

Semua mekanik dan panduan pabrik sepakat bahwa cairan yang sangat dianjurkan untuk pengisian radiator yakni coolant. Namun, masih banyak pengguna mobil masih menggunakan air biasa untuk pengisian radiator. Alasan pun beragam, sejatinya karena murah dan praktis didapatkan tanpa membuang duit. Apakah anda termasuk salah satu diantaranya?

layanan konsultasi

Fakta mengungkapkan bahwa terdapat bahaya air biasa untuk radiator mobil. Sebelum terlambat, ada baiknya anda mengetahui bahaya mengintai penggunaan air ledeng atau air biasa

Bahaya Penggunaan Air Biasa Pada Radiator Mobil

Semakin lama air biasa mengendap dan terpakai dalam radiator, maka kerusakan akan timbul perlahan meskipun tidak terlihat secara langsung.

Penggunaan air biasa akan timbul korosi. Berbeda dengan coolant, air biasa tidak ada kandungan antikorosi. Ketahui ini, beberapa level air biasa mengandung kadar asam tinggi serta terdapat kandungan garam. Tidak mengherankan bila radiator cepat berkorosi akibat penggunaan air.

Tidak hanya menimbulkan korosi, namun proses pendinginan yang dilakukan tidaklah maksimal, sebab air biasa kurang baik dalam proses menghantarkan panas dari blok mesin ke sistem radiator. Alhasil, mesin tidaklah dingin justru semakin panas dan jebol. Mau tidak mau overhaul jalan satu-satunya untuk memperbaiki mobil kesayangan anda.

Mengapa Harus Coolant ?

Coolant merupakan pendingin terbaik untuk kesehatan mesin anda. Senyawa zat kimia coolant dalam kandungannya terdapat zat anti korosi sehingga dapat mencegah timbulnya karat atau terkikis. Mesin menjadi lebih awet.

Selain itu, pendinginan yang dilakukan cairan coolant dapat bekerja dengan maksimal untuk mendinginkan mesin anda sehingga suhu menjadi lebih stabil.

Jika penggunaan air selalu cepat habis, berbeda dengan coolant yang masa pengunaannya lebih panjang. Hal ini dikarenakan titik didihnya lebih tinggi dan tidak mudah menguap seperti air biasa.

Yuk Beralih Dengan Coolant Untuk Mesin Lebih Baik

Dengan coolant, maka mesin mobil anda dapat terjaga dengan baik. Saran untuk pengisian coolant, sebaiknya bersihkan dahulu sisa air dan kerak membandel serta bekas korosi dengan radiator flush. Setelah sudah dipastikan bersih, maka selanjutnya tuang coolant.

Meskipun harga coolant terbilang mahal, namun sejuta kebaikan tersimpan didalamnya, tak lain menjaga performa mesin mobil anda.

Masih mau pilih gratis tapi mobil rusak abis?

Oke sobat Dunia Mobil, itulah ulasan mengenai bahaya air biasa untuk radiator mobil. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menyadarkan kita semua sebagai pengguna mobil agar lebih bijak dalam melakukan perawatan mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here