Mengetahui Tanda Kerusakan Berdasarkan Warna Asap Knalpot Mobil

0
75
Melihat Tanda Kerusakan Mobil Berdasarkan Gejala Warna Knalpot Mobil
Melihat Tanda Kerusakan Mobil Berdasarkan Gejala Warna Knalpot Mobil

Dengan mengetahui arti warna asap knalpot mobil maka sumber masalah akan lebih mudah ditemukan. Dan lebih mudah ditangani. Namun apakah anda sudah tahu arti-artinya? Artikel berikut semoga membantu anda mendapatkan jawabannya.

Transportasi merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang produktivitas kita. Setiap orang yang memiliki kendaraan pribadi baik mobil maupun motor seringkali melalaikan kondisi mesin kendaraanya jika sedang tidak bermasalah misalnya mogok.

Arti Warna Asap Knalpot Mobil yang Perlu Anda Tahu

Padahal melalui warna asap knalpot kamu sudah bisa mengetahui apa yang terjadi pada kendaraanmu!

Cara Melihat Tanda Kerusakan Mobil Berdasarkan Warna Asap Knalpot Mobil
Cara Melihat Tanda Kerusakan Mobil Berdasarkan Warna Asap Knalpot Mobil
Asap Berwarna Putih

Warna Asap Knalpot yang Menandakan Jika Mobilmu Bermasalahyourmechanic.com
Warna asap knalpot yang putih tebal menandakan jika sisitem pemabakaran pada mesin kendaraanmu bermasalah. Hal ini dikarenakan ada oli yang masuk ke ruang pembakaran kendaraan.

Jika tak segera diatasi oli tersebut bisa keluar lantaran ada kebocoran pada seal klep atau ring piston.

Asap Berwarna Kebiruan

Bisa jadi ketika asap knalpot kamu berwarna biru ada kerusakan pada head gasket antara silinder head dengan blok mesin atau biasa disebut blown gasket. Penyebab lainnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Asap Berwarna Abu-Abu

Warna Asap Knalpot yang Menandakan Jika Mobilmu Bermasalahexhaust.flowerfan.site
Jika warna asap yang keluar dari knalpot berwarna abu-abu, ada katup PCV kendaraan anda macet. Asap warna ini bisa menandakan katup Positive Crankcase Ventilation (PCV) macet. Fungsi katup PCV itu adalah untuk mengontrol jumlah uap dan gas yang masuk dari ruang mesin ke intake manifold.

Asap Berwarna Hitam

Warna Asap Knalpot yang Menandakan Jika Mobilmu Bermasalahblacksmokemedia.com
Terakhir, jika asap knalpot kamu sudah berwarna hitam hal ini menandakan kendaraan kamu memerlukan perawatan yang lebih serius. Ada berbagai komponen yang bisa terjadi kerusakan. Misalnya kebocoran kompresi, nyala api busi yang kecil, karburator bermasalah, atau filter udara kotor.

Warna asap knalpot yang baik yakni berwarna putih dalam jumlah sedikit, dan tidak mengebul. Karena hal tersebut menandakan bahwa sistem pembakaran di dalam mesin berjalan dengan baik. Jadi, warna asap knalpot mobil kamu termasuk yang mana?

Itulah beberapa warna asap knalpot yang sering muncul ketika mobil bermasalah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here