Alat Hemat BBM Mobil untuk Semua Kendaraan

0
625
cara menghemat BBM mobil
cara menghemat BBM mobil

Seiring penggunaan, kondisi mesin akan menjadi tidak stabil. Hal ini kerap ditandai dengan mulai berkurangnya efisiensi penggunaan bahan bakar. Penggunaan alat hemat BBM mobil menjadi salah satu solusi.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghemat BBM, mulai dari cara mengemudi mobil, Trik saat pengisian bahan bakar, hingga saat melakukan perawatan mobil. Kali ini Om Domo akan membahas satu per satu mengenai Tips Menghemat BBM sehingga anda bisa berkendara dengan lebih nyaman tanpa terbebani ongkos BBM yang kian mahal.

  • Memanaskan Mesin

    Yang pertama bisa anda lakukan dalam usaha menghemat bbm adalah dengan cara melakukan pemanasan mesin hanya 2 sampai 3 menit sebelum berkendara.

    Memanaskan mobil memang sudah menjadi kebiasaan untuk mengalirkan oli, namun untuk mesin mobil keluaran terbaru dengan mesin berposisi rebah maka pemanasan mobil tidak perlu terlalu lama karena itu sama saja akan membuang-buang bahan bakar mobil anda.

  • Berkendara dengan Halus

    Untuk penghematan dalam hal berkendara, maka sebaiknya anda mengendarai mobil dengan halus. Berkendara dengan halus ini bukan berarti sangat perlahan. Tetapi lebih kepada mengatur kecepatan laju mobil anda sehingga laju mobil anda tetap stabil dan anda tidak terlalu sering menginjak pedal gas maupun terlalu sering melakukan pengereman.

    Dan hal lainnya yang perlu anda tau adalah penggantian gigi ke yang lebih tinggi juga akan menambah konsumsi bahan bakar pada mobil.

    Lihat Juga : cara mengemudi agar irit bahan bakar
  • Isi Bahan Bakar saat Pagi

    Selain itu, anda bisa melakukan penghematan lainnya dengan cara mengisi bahan bakar saat pagi, sehingga dapat mengurangi pasokan bbm yang menguap karena udara panas.

    Ada baiknya jika anda mengganti bahan bakar mobil anda ke bahan bakar non subsidi seperti pertamax karena kualitasnya yang lebih bagus dan harga yang tidak jauh beda dengan premium.

    Lalu hal lain yang bisa anda perhatikan dalam melakukan pengisian bahan bakar adalah pastikan anda mengisi bahan bakar di Pom Bensin yang berkode depan 31 untuk jakarta, banten dan sekitarnya atau 1 untuk digit ke 2 kode SPBU. Karena untuk kode tersebut merupakan pertanda bahwa SPBU tersebut dikendalikan sendiri oleh pertamina sehingga kualitas bahan bakar yang anda diyakini lebih bagus daripada SPBU lain.

  • Isi BBM saat Tangki Masih 50%

    Cara lain yang bisa anda lakukan untuk melakukan penghematan bahan bakar lainnya adalah dengan mengisi bahan bakar saat tangki mobil anda masih setengah penuh.

    Karena tangki yang kosong akan mengandung banyak udara dan menyebabkan bahan bakar lebih mudah menguap. Selain itu usahakan melakukan pengisian bahan bakar disaat tidak ada truk pengisi BBM di Pom Bensin. Karena jika ada maka kemungkinan bahan bakar yang baru saja diisi akan teraduk dan kotoran yang ada terangkat sehingga bisa terhisap dan masuk ke tangki mobil anda.

  • Mengganti Saringan Udara secara Berkala

    Dalam perawatan mobil pun banyak hal yang bisa dilakukan agar mobil lebih menghemat bahan bakar.

    Yang pertama anda bisa mengganti saringan udara, karena saringan udara yang kotor bisa mengganggu efisiensi tenaga yang dihasilkan sehingga akan lebih mengkonsumsi banyak bahan bakar.

    Kedua, lakukan juga Tune Up Mobil sesuai dengan jadwal mobil anda. Fungsinya adalah agar putaran mesin anda berjalan lancar dan menghasilkan tenaga yang besar sehingga kinerja mobil anda pun akan lebih optimal dan daya serap bahan bakarnya lebih sedikit.

  • Komponen Mobil, Khususnya Ban

    Hal terakhir yang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang diserap oleh mobil adalah komponen yang digunakan pada mobil. Menggunakan ban mobil yang hemat bbm juga dianjurkan karena alur yang dimiliki oleh ban tersebut akan membuat mobil anda tidak perlu memerlukan banyak tenaga untuk melaju. Selain itu, anda bisa menggunakan oli sintetis sehingga anda akan lebih menghemat bahan bakar sebanyak 5%.

Lihat Juga : mengenal apa itu gurah mesin mobil

JS ONE

Dan yang paling penting, jika anda ingin menyempurnakan Cara Menghemat BBM untuk mobil anda maka anda bisa memasang JS One Volt Stabilizer pada mobil anda. Komponen yang sedang trend dikalangan pemilik mobil ini digadang-gadang bisa menghemat BBM secara drastis untuk mobil anda.

Alat Hemat BBM Mobil
Alat Hemat BBM Mobil

Diatas adalah beberapa Tips Menghemat BBM dari team Dunia Mobil, semoga tips tersebut bisa anda coba pada mobil anda sehingga anda bisa lebih menghemat dalam mengeluarkan ongkos pembelian pada bahan bakar mobil anda.

Jika anda berminat memasangkan komponen JS One Volt Stabilizer yang bisa membantu mobil anda untuk menghemat BBM maka anda bisa menghubungi Customer Service dari Dokter Mobil di :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Dunia-Mobil.com | Majalah Otomotif Mobil Online Indonesia


posted by admin 5 , 913


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here