Bahaya Mengabaikan AC Rusak Saat Musim Hujan

0
257
Bahaya Mengabaikan AC Rusak Saat Musim Hujan

Apakah mobil anda sudah dalam kondisi prima untuk berkendara, termasuk AC mobil? Waspada jika sedang bermasalah, inilah bahaya mengabaikan AC rusak saat musim hujan.

Berkendara dengan mobil saat musim dingin dapat memberikan kenyamanan sendiri. Selain terhindar dari air hujan dan cipratan genangan, pengendara juga dapat relax dengan kesejukan AC mobil. Namun, jika AC mobil menjadi mati atau rusak, apa yang dapat ditimbulkan? Suasana kabin seketika berubah menjadi pengap, bau, hingga terasa panas dan gerah.

layanan konsultasi

Tanpa disadari, beberapa AC tidak bisa bekerja dengan baik dan normal ketika musim penghujan tiba.

Kok Bisa?

Saat suhu udara tengah turun, AC yang lama tidak dibersihkan membuat banyak kotoran tebal menempel pada unit indoor ataupun outdoor perangkat. Kebanyakan dari kita jarang melakukan pengecekan dan pembersihan terhadap perangkat AC mobil ketika musin hujan tiba.

Bahaya Mengabaikan AC Rusak Saat Musim Hujan

Coba ingat-ingat, apakah anda sering atau sesekali buka tutup jendela mobil? Hal ini akan berpengaruh sebab air hujan tertiup oleh angin dan bermuara di AC mobil anda. Spele, namun fatal loh.

Sama dengan perangkat elektronik lainnya, AC mobil juga bisa rusak karena kemasukan oleh air hujan. Jika sudah terjadi, maka dapat menyebabkan konsleting pada mesin. Konsleting mesin juga dapat merembet ke komponen lainnya yang bikin mobil anda semakin tambah rusak.

AC mobil tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa dari fuse (sekring) yang putus, freon habis karena terjadi kebocoran, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, suhu lembab di musim hujan membuat AC kadang kala harus disetel maksimal bahkan sering standby. Meskipun diluar sedang hujan, terkadang udara didalam ruangan tetap membuat kita gerah sehingga lbih sering menyalakan AC.

Maka itu, rutinlah untuk cek berkala kondisi AC mobilmu agar terhindar dari konsleting mesin dan kerusakan lainnya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here