Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

1
581
AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin
AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Dunia-Mobil.com | Masalah seperti Ac Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin, Ac Mobil Tidak Dingin Saat Siang Hari, Ac Mobil Tidak Dingin Setelah Isi Freon, Ac Mobil Tidak Dingin Padahal Baru Isi Freon tentu mengganggu kenyamanan anda berkendara. Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Saja – Berkendara di jalanan ibu kota dengan menggunakan mobil tentu sangat menyenangkan. Namun apa jadinya bila saat cuaca panas AC mobil hanya keluar angin saja ? Sudahkah anda siap berkeringat-keringat melawan kemacetan ibukota ?

Pada dasarnya, sistem mesin pendingin mobil semuanya sama, hanya berbeda pada beberapa spare part dan jenis freonnya saja. Namun penyebab AC mobil anda tidak lagi dingin dan hanya mengeluarkan angin saja pada umumnya adalah sama.

Lihat Juga : ac mobil bunyi berisik ini penyebab dan solusinya

Ada 2 penyebab umum untuk masalah Ac Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin ini, yaitu :

  1. Menumpuknya kotoran dan debu di dalam cabin filter udara
    Penumpukan ini mengakibatkan hawa dingin terserap oleh kotoran sehingga AC mobil hanya keluar angin yang tidak membawa hawa dingin.Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk rajin mencuci AC mobil, ataupun membersihan saluran AC minimal 1 bulan sekali, atau ketika dirasa perlu. Selain itu anda pun perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan perusak AC seperti makan dan minum di dalam mobil, merokok di dalam mobil, maupun membiarkan kaca mobil terbuka cukup lama.
  2. Cairan Freon pada mobil Anda sudah habis atau berkurang kualitasnya
    Tidak dapat dipungkiri, freon adalah sumber utama hawa dingin pada AC mobil anda. Kekurangan freon, maupun turunnya kualitas pendinginan pada freon akan menyebabkan AC mobil hanya keluar angin saja.Beberapa sebab turunnya kualitas freon sehingga ac mobil hanya keluar angin saja di antaranya adalah :
    – Overheating pada mesin mobil
    – Rusaknya fan pendinginann pada mobil anda
AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin
AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Coba anda periksa selang karet bernepel dari compressor drat D (discharge/tekan) pasti ke condenser yang berada didepan radiator mobil anda, dari condenser disambungkan pada strainer yang mempunyai sight glass lalu dari strainer menuju Expansion valve (pengganti pipa kapiler) baru masuk ke bagian evaporator dan kembali kepada compressor drat S (suction/hisap).

Lihat Juga : penyebab magnetic clutch rusak


Evaporator dan condensor pada AC mobil
 model saat ini terbuat dari almunium, jadi bila terjadi kebocoran anda bisa membeli yang baru atau memilih untuk dilas.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk masalah AC mobil hanya keluar angin saja.

Untuk informasi dan pertanyaan lainnya hubungi Dokter Mobil, spesialis masalah AC Mobil hanya Keluar Angin saja dan AC mobil tidak dingin.

Dokter Mobil,
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Dunia-Mobil.com | Majalah Otomotif Mobil Online Indonesia


posted by admin 5 , 911


1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here