Kenapa AC Mobil Panas Saat Kejebak Macet? Ini Jawabannya

0
244
ac mobil panas saat kejebak macet
ac mobil panas saat kejebak macet

Sedang mengalami AC mobil panas saat macet ? Terlebih saat dilanda kemacetan di daerah perkotaan. Hal ini tentu sangat menggangu moment perjalanan anda sebab kenyamanan mobil tidak dapat dengan maksimal dirasakan oleh anda.

Hingga sekarang ini, fitur AC sudah menjadi komponen yang cukup penting dalam sebuah mobil, terutama jika anda berkendara pada siang hari. Dengan adanya AC  yang bekerja maksimal di dalam kabin mobil, maka suhu panas yang ada di luar mobil tidak akan terasa hingga ke dalam. Dengan begitu, sejauh apapun perjalanan selalu merasa nyaman.

layanan konsultasi

Namun, bagaimana jika AC mobil tiba-tiba menjadi panas hingga udara segar menjadi hilang? Jika sudah terjadi, wajib ditangani lebih lanjut, sebab bisa jadi ada komponen mesin yang sedang tidak berfungsi. Perawatan merupakan kunci utama untuk mencegah atau meminimalisir kerusakan yang terjadi, termasuk komponen AC.

Sebab AC Mobil Menjadi Panas Saat Kejebak Macet

Bisa jadi ini sebabnya AC mobil anda menjadi panas.

  1. Magnetic Clucth Bermasalah

Magnetic Clucth bermasalah menjadi salah satu penyebab utama AC mobil menjadi panas. Gejala kerusakan bisa terlihat dari AC mobil yang dingin di awal namun saat berada di jalanan padat atau kemacetan mendadak menjadi panas. Kemudian, saat jalanan lancar AC mobil bisa dingin kembali.

Mengapa bisa terjadi?

Hal ini dikarenakan roda magnet sudah mulai melemah sebab terkena hawa panas yang berlebihan dari mesin saat kondisi macet sehingga menyebabkan komponen off sementara.

Kondisi seperti ini lambat laun membaik saat jalanan lancar karena akan lebih banyak sirkulasi udara di dalam ruang mesin saat mobil bergerak. Namun kemudian kembali menjadi panas saat berhenti atau macet. Tidak heran AC mobil menjadi panas bukan?

  1. Cooling Fan AC Mobil Mati

Ketika cooling fan mati, maka pembuangan panas yang berada di kondesor menjadi kurang maksimal. Hal ini dapat membuat kondesor menjadi kepanasan atau overheat dan berimbas pada pada kinerja kompresor yang menurun.

Biasanya hal ini akan lebih terasa saat mobil macet atau berhenti. Sebaiknya, segeralah mengganti cooling fan AC dengan komponen yang baru agar AC bisa maksimal dingin kembali.

  1. Kondisi Freon Berlebihan

Perlu anda ketahui, bahwa kondisi freon yang berlebih dapat membuat tekanan meninggi dan menjadi overheat sehingga membuat kompresor menjadi kepanasan. Bahkan jika panas yang terjadi berlebihan, maka kompresor dapat langsung off. Mengapa mobil dapat mengalami kelebihan freon?

Biasanya ini terjadi akibat human error. Banyak orang yang menganggap jika AC mobil yang tidak dingin akibat freon AC kurang sehingga terus menerus mengisi freon AAC. Segera bawa mobil anda ke bengkel untuk mengatasi kelebihan freon ini.

  1. Sistem AC Macet

Macetnya sistem AC mobil biasanya disebabkan karena komponen dryer filter, kondensor, dan expansi valve. Kondisi yang mampet menyebabkan sirkulasi freon menjadi terhambat sehingga udara yang dihasilkan AC tidak konsisten dinginnya.

  1. Evaporator Kotor

Jika aliran udara yang mausk ke dalam mobil terhambat, maka menyebabkan angin yang keluar pun menjadi kecil. Penyebab nya mungkin saja terjadi akibat evaporator yang kotor. Sehingga akan lebih baik untuk dipasangankan filter kabin agar menghalau debu yang masuk sehingga tidak menumpuk di bagian evaporator.

  1. Kebocoran Sistem AC mobil

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya dapat dikarenakan adanya kebocoran pada sistem AC mobil. Entah itu pada bagian kondensor atau evaporator, bahkan kebocoran yang terjadi di bagian sambungan seal O-ring dan komponen lainnya. Segera bawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kebocoran yang terjadi.

  1. Mesin Overheat

Mobil overheating juga menyebabkan kondisi AC mobil panas yang perlu anda ketahui. Mulai dari radiator yang mampet, thermostat radiator rusak, kebocoran pada air radiator, dan lainnya yang menyebabkan suhu mesin meningkat berlebihan. Kondisi suhu mesin yang berlebihan akan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin bahkan panas. Jika sudah seperti ini maka terlebih dahulu atasi hal yang menyebabkan mengapa mesin mobil anda menjadi overheat.

Solusi Atasi AC Mobil Panas

  1. Jaga volume air radiator dalam keadaan penuh dan pastikan pula radiator tidak mengalami kebocoran.
  2. Kerusakan pada extra fan bisa disebabkan oleh kerusakan pada relay, sistem kabel, atau mungkin karena carbon brush yang habis. Pastikan kondisinya pada montir kepercayaan dan lakukan penggantian jika dibutuhkan.
  3. Lakukan proses pembersihan pada kisi-kisi kondesor dan radiator dengan menyeluruh agar kotoran tidak sampai menutupi jalur masuk dan keluarnya udara.
  4. Bawa ke bengkel spesialis AC terdekat di kota Anda. Jangan bongkar mesin jika anda awam otomotif. Hindari terjebak pada bengkel abal-abal dengan harga murah namun kualitas rendah.
  5. Perlunya melakukan perawatan rutin agar mencegah kerusakan atau gangguan AC mobil anda.

Itulah ulasan terkait AC mobil panas saat macet. Semoga bermanfaat dan dapat diajdikan referensi untuk Anda..

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here