Langkah Mudah Mencari Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik dan Menanganinya

0
2400
ac mobil bunyi dan berisik
ac mobil bunyi dan berisik

Kenyamanan pengendara seringkali terganggu akibat adanya suara yang mengganggu. Ya, masalah AC mobil bunyi berisik memang sangat mengganggu. Dan menjadi indikasi adanya masalah yang dapat semakin serius.

Masalah yang sering terjadi pada pengguna mobil (terutama berusia di atas 5 tahun) adalah kompresor AC yang berbunyi cukup keras atau kasar saat beroperasi. Suara aneh itu akan hilang saat kompresor sedang tidak bekerja.

Banyak juga yang menyebut suara kasar kompresor itu dengan ”ngorok”. Banyak penyebab, termasuk kurangnya oli kompresor atau piston di dalamnya aus.

”Ini menjadi tanda-tanda awal kerusakan AC mobil. Segera bawa ke bengkel sebelum terlambat,”

Berikut daftar indikasi masalah dan efeknya saat kompresor mulai berisik:

  1. Suara ngorok mirip gesekan benda logam bisa jadi karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing. Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. Tapi lambat laun, kadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.
  2. Hilangnya kompresi pada kompresor. Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.
  3. Magnetic Clutch bermasalah. Komponen ini yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, hembusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu pada cepatan tinggi.
  4. Kebocoran saluran AC. Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

lihat juga: Ini Kendaraan Yang Terkena Recall Mobil Honda 2018

”Pada kasus tertentu masalah AC mobil berisik bisa diperbaiki. Namun kalau yang sudah akut, masalah ac mobil bunyi ini jika diperbaiki hanya akan mengembalikan fungsinya. Suara akan tetap berisik. Kalau sudah begini, sebaiknya ganti kompresor.”

” Namun beberapa hanya disebabkan oleh masalah pada fan belt saja sehingga solusinya sangat mudah”

masalah pada fan belt ac
masalah pada fan belt ac

Mencari Penyebab AC Mobil Berbunyi Berisik dan Mengganggu

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah berbagai penyebab kerusakan pada kompresor AC yang dapat menyebabkan kompresor berbunyi, berisik maupun bocor. beberapa hal yang harus anda perhatikan :

  1. Oli kompresor

Oli kompresor adalah cairan yang berguna sebagai pelumas agar kompresor tidak cepat panas dan mengurangi gesekan pada bagian tertentu. Jika kompresor AC mobil anda kekurangan bahkan kehabisan oli maka kerja kompresor AC akan lebih berat dan menjadi salah satu penyebab kompresor AC berbunyi. Penyebabnya adalah kesalahan dalam pengisian oli kompresor maupun terjadi kebocoran di dalam kompresor. Kebocoran ini biasa terjadi pada seal atau pipa yang dapat menyebabkan oli dan Freon berkurang bahkan habis.

lihat juga: Sebenarnya Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali ?

  1. Piston/ silinder yang telah AUS

Masalah ini terjadi pada mobil yang sudah tua atau mobil dengan perawatan AC yang kurang. Piston atau silinder yang telah aus merupakan salah satu penyebab AC yang berbunyi berisik. Jika masalah ini terjadi maka sebaiknya anda mengganti kompresor AC dengan yang baru.

  1. Trush bearing longgar

Saat membongkar kompresor AC mobil, maka pastikan pemasangannya denga benar. Biasanya pemasangan yang kurang benar menyebabkan trush bearing menjadi longgar sehingga menimbulkan bunyi pada kompresor. Hal ini terjadi karena saat kompresor berputar bersamaan dengan mesin maka putarannya tidal stabil dan menimbulkan bunyi berisik tadi.

  1. AS tidak presisi

Pada AC type ND, AS kompresor yang tidak presisi menyebabkan piston bergerak melebihi batas maksimalnya. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi benturan pada valve kompresor ACdan akan menyebabkan kompresor AC berbunyi dan berisik.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk merawat AC mobil anda. Tentunya melakukan perawatan secara rutin dan benar merupakan salah satu cara agar AC tidak kembali berbunyi berisik dan ataupun bocor. Banyak sekali orang yang tidak peduli dengan perawatan AC mobilnya dan membawanya ke bengkel setelah AC benar rusak. Jika hal ini terjadi, maka dapat dipastkan perbaikan akan menghabiskan dana yang cukup besar. Yang harusmenjadi catatan penting di sini adalah masalah oli pada kompresor AC mobil anda.

Para pengendara jarang mengetahui jika oli kompresor harus diganti setelah mencapai jarak 20.000 Km. padahal oli kompresor ini adalah penyebab utama AC yang bunyi, berisik dan bocor. Semoga tips merawat KOMPRESOR AC mobil yang bunyi, berisik dan bocor tadi dapat berguna bagi anda dalam merawat AC mobil kesayangan anda.

Solusi Yang Direkomendasikan

Banyak masalah AC mobil yang ternyata tidak dapat dan tidak boleh diselesaikan sendiri jika tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mendalam. Jika sembarangan melakukan service, akibatnya dapat beragam. Mulai dari munculnya masalah pada mobil, kerusakan mobil, dan masalah-masalah lainnya.

Salah satu bengkel AC mobil yang dapat direkomendasikan oleh team Dunia-Mobil adalah sebuah bengkel AC bernama Dokter Mobil.

Bengkel Mobil ini memiliki beberapa kelebihan sehingga layak direkomendasikan, di antaranya adalah:

  • pengerjaan yang cepat
  • menggunakan mesin dan peralatan canggih
  • montir berpengalaman

Jika anda tertarik, anda dapat mengunjungi Dokter Mobil di alamat:

Dokter Mobil | Bengkel AC Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429

*diolah dari berbagai sumber


posted by admin 5 , 936


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here