Tips dan Cara Mengemudi Mobil untuk Wanita

0
30
Cara Mengemudi Mobil untuk Wanita agar Aman dan Nyaman Sepanjang Perjalanan
Cara Mengemudi Mobil untuk Wanita agar Aman dan Nyaman Sepanjang Perjalanan

Apakah sista tahu cara mengemudi mobil yang baik dan aman untuk wanita? Jika belum, silahkan yuk baca dulu artikel berikut ini. Jangan sampai sista melakukan kesalahan berkendara seperti yang dilakukan beberapa orang lainnya.

Dengan membaca artikel ini, diharapkan sista akan lebih aman dan nyaman ketika berkendara. Tidak yakin?

Mengemudi sejatinya membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan dapat dilakukan jika telah mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari Kepolisian. Teknik dasar dan cara mengemudi mobil untuk wanita dan pria pun tidak terdapat perbedaan yang mencolok. Namun, terdapat beberapa hal yang membuat aktifitas mengemudi antara laki-laki dan wanita menjadi berbeda. Salah satunya adalah cara berpakaian serta kebutuhan penunjang aktifitas.

Tentu kita memahami jika terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara cara berpakaian laki-laki dengan wanita serta kebutuhan penunjang aktifitas lainnya. Karena itu dibutuhkan cara atau penanganan yang berbeda dari keduanya ketika sedang mengemudi.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips berkendara yang dianjurkan oleh Felice selaku Customer Advisor dari Dokter Mobil Kelapa Gading. Dengan tips ini, diharapkan bagi para pengemudi wanita agar meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

1. Make-up

Jika Anda hendak melakukan aktifitas, sebaiknya pastikan Anda telah menyiapkan diri Anda terlebih dahulu, seperti berdandan dan berbagai hal lainnya. Jangan pernah berdandan di dalam kendaraan, sebab hal ini dapat membuat proses mengemudi Anda menjadi tidak fokus sehingga akan membahayakan pengguna jalan lainnya maupun diri Anda sendiri.

2. Peralatan Wanita

Saat mengemudi, sebaiknya beberapa peralatan wanita lainnya, seperti tas dan make-up tidak berserakan atau terbentang di samping jok pengemudi. Hal ini dikarenakan barang-barang tersebut merupakan barang yang mudah bergerak sehingga dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi pengemudi.

Selain itu, sebaiknya jangan mengemudikan kendaraan menggunakan sepatu berhak tinggi. Sebab, hal ini dapat mengganggu reaksi serta reflex pengemudi. Sebaiknya lepas dan letakkan sepatu berhak tinggi tersebut di samping tempat kaki penumpang atau di belakang. Usahakan untuk tidak menaruh apapun pada tempat posisi kaki (leg room) agar Anda dapat leluasa dalam mengemudikan kendaraannya.

3. Aksesori Interior

Para pengemudi wanita tidak sedikit yang membawa barang pajangan, seperti boneka atau pernak-pernik yang eye catching dan diletakkan di dasbor mobilnya. Hal tersebut sejatinya merupakan kesalahan mendasar, sebab dapat membuat pengemudi menjadi tidak fokus. Karena itu, sebaiknya kurangi atau hindari melakukan hal tersebut. Namun, jika Anda tetap ingin membawanya, sebaiknya pastikan barang-barang tersebut tidak mengganggu proses komunikasi Anda, baik dalam melihat kendaraan keluar serta blindspot saat mengemudi, terutama di kaca bagian depan dan dasbor.

4. Kaca Film

Banyak orang mengatakan jika kaca film gelap akan dapat membantu keamanan Anda dari tindakan kejahatan atau jail. Hal tersebut ada benarnya, jika Anda keluar di waktu malam hari. Namun, apakah dengan kaca film yang terlalu gelap akan membantu para wanita melihat lebih jelas saat malam hari? Apalagi jika kaca depan juga ikut digelapkan juga. Karena itu, sebaiknya gunakan kaca film sesuai dengan kemampuan daya pandang Anda agar membantu meningkatkan visibilitas Anda terutama saat malam hari.

5. Kuku Lentik dan Panjang

Bagi para pengemudi wanita dianjurkan untuk tidak memelihara kuku yang terlalu panjang. Sebab, hal ini tanpa disadari dapat mengganggu ketika sedang berkendara. Seperti, kesulitan dalam menggenggam lingkar kemudi secara benar sehingga dapat menyebabkan terjadinya slip ketika mengemudi.

6. Mengemudi Ekstra Hati-hati

Dalam mengemudikan kendaraannya, jarang sekali terlihat para pengemudi wanita memacu dalam kecepatan tinggi. Justru para pengemudi wanita lebih cenderung berhati-hati saat mengemudi.

Namun, yang perlu dipahami oleh para pengemudi wanita adalah mengenai kaidah-kaidah keselamatan yang sifatnya mutlak, seperti:

  • mengemudikan kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam,
  • mengemudi di jalur kiri, serta
  • tidak dianjurkan mengemudi sembari menggunakan ponsel.

Selain itu, usahakan sebelum berbelok menyalakan lampu sign 10 detik sebelum berbelok atau pindah jalur, penglihatan diupayakan selalu bergerak melihat ke arah depan serta sekeliling kendaraan (spion) setiap 2 detik untuk memantau kendaraan yang ada di sekitar.

7. Selalu Jaga Jarak Aman

Entah itu cara mengemudi mobil untuk wanita, ataupun pria, saat kondisi jalan macet, sebaiknya usahakan membuat jarak aman antara kendaraan Anda dengan kendaraan yang berada di depan. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda dalam membuat ruang gerak kendaraan baik saat maju maupun mundur saat terjadi intimidasi atau provokasi dari kendaraan lainnya.

8. Tak Hanya Harus Paham Cara Mengemudi Mobil untuk Wanita

Hal yang paling jarang dilakukan oleh perempuan adalah merawat dan mengetahui kondisi kendaraan yang digunakannya. Hal ini terjadi lantaran wanita cenderung malas dengan hal yang berhubungan dengan yang kotor-kotor. Padahal hal ini sangat penting jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat Anda sedang berada di jalan raya. Beberapa hal yang perlu para pengemudi wanita ketahui, antara lain yaitu memeriksa kondisi air radiator, kondisi minyak rem, kondisi air aki, kondisi oli mesin, serta kondisi air wiper.

Selain itu, pastikan juga Anda tidak lupa juga untuk mengecek kondisi serta tekanan angin ban kendaraan Anda. Sebab, jika ban kekurangan angin, maka akan mengganggu kestabilan kendaraan Anda ketika melakukan manuver sehingga dapat merusak ban. Jika hal ini dibiarkan dan kondisi cuaca panas, maka dapat membuat terjadinya pecah ban.

Apakah sista sudah membaca dan memahami tips dan cara mengemudi mobil untuk wanita yang sudah kami tulis? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih dan selamat berkendara dengan aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here