4 Penyebab Umum Bikin AC Jadi Berisik, Intip Solusinya

0
84
penyebab ac berisik
penyebab ac berisik

AC mobil merupakan komponen penting dalam memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Waspadai jika sudah menimbulkan gejala bising atau berisik. Hal ini sudah dipastikan terdapat permasalahan pada AC mobil anda.

Penyebab Suara AC Jadi Berisik

Beberapa penyebab AC berisik dapat memecahkan konsentrasi berkendara anda. Jangan biarkan hal ini terus berlanjut hingga menimbulkan kerusakan serius pada AC mobil anda. Berikut adalah penyebabnya yakni sebagai berikut;

layanan konsultasi

1. Terjadi Gesekan sehingga Suaranya Berisik

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya, suara berisik menjadi tanda-tanda kerusakan pada ac mobil. Penyebabnya bisa karena piston sudah kehabisan oli, bisa juga karena faktor usia. Akibatnya ac mobil milik Anda tidak terasa dingin, terutama saat RPM rendah meskipun ac tersebut sudah diputar ke suhu maksimal.

2. Saluran AC Mengalami Kebocoran

Kebocoran pada ac mobil tentu akan menguras bagian refrigerant sehingga refrigerant ac menjadi lebih cepat habis. Oli yang terdapat di bagian refrigerant lambat laun akan semakin berkurang sedikit demi sedikit hingga menjadi habis. Hal ini nantinya akan menyebabkan terjadinya gesekan di bagian piston, sehingga terdengar lah suara berisik dari kompresor saat mobil dijalankan.

Apabila ac mobil mengalami kebocoran, Anda bisa langsung mengganti bagian kompresor. Tetapi, penggantian kompresor bukanlah jaminan kalau ac mobil akan awet dalam beberapa tahun kemudian. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lebih bagus langsung mengganti kompresor. Harga kompresor sendiri sangatlah bervariasi. Anda bisa mengecek daftar harganya disini.

3. Magnetic Clutch Bermasalah

Bagi Anda yang sudah lama mengendarai mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah magnetic clutch. Bagian ini merupakan komponen terpenting pada ac mobil. Apabila terjadi kerusakan pada bagian magnetic clutch, maka akan berdampak pada udara dingin yang akan dihembuskan oleh ac mobil.

Magnetic clutch sendiri berfungsi sebagai penyambung antara mesin dan kompresor. Apabila kinerja dari magnetic clutch sudah mulai melemah, maka ac mobil pun langsung tidak dingin meskipun sudah diputar-putar ke suhu yang paling tinggi.

4. Kompresi pada Kompresor Menghilang

Kompresor berfungsi sebagai pemompa udara dari bagian freon ke kondensor ac mobil, tapi dengan tekanan yang lebih tinggi. Apabila kinerja kompresor melemah, otomatis udara yang dipompa ke bagian kondensor ac akan menjadi lebih lemah. Sehingga timbul lah masalah ac tidak dingin dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Solusi Memperbaiki AC Mobil Berisik

Sudah mengetahui penyebabnya, berikut ketahui solusi yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki AC mobil anda. Intip dibawah ini;

Memflushing AC

Proses flushing menggunakan mesin flushing yang sangat membantu proses service AC mobil bau, AC mobil tidak dingin, dan AC mobil berisik.

Mencuci AC Mobil

Dengan mencuci AC benda-benda asing di dalam komponen AC dapat ditemukan dan disingkirkan sehingga tidak lagi membuat berisik di dalam AC mobil anda. Proses cuci AC ini perlu dilakukan secara hati-hati baik saat membongkar dashboard, maupun saat membasahi beberapa sudut AC mobil.
Jika AC mobil tidak dicuci secara berkala, evaporator mungkin saja kotor dan menyebabkan blower AC mobil bau yang tidak sedap. Pelajari cara mengatasi masalah tersebut.

Memeriksa kualitas bearing dan magnetic cluth

Jika pemasangannya longgar atau tidak pas, tentu harus dikencangkan. Jika bearing dan magnetic clutch nya sudah tidak berfungsi normal, tentu sebaiknya diganti dengan yang baru.

Memperbaiki atau mengganti Spare Part AC yang Rusak

Komponen AC seringkali mengalami masalah seperti patah, macet, maupun berdecit. Oleh sebab itu, anda perlu mengecheck sumber suara berisik pada AC mobil anda. Jika sumber suara ditemukan, langkah selanjutnya adalah menentukan spare part apa yang menjadi masalah. Jika sumber masalah telah ditemukan, anda dapat memilih antara memperbaiki spare part tersebut, atau mengganti dengan yang baru.

Itulah beberapa info yang diulas terkait penyebab ac berisik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here